Merancang Ruang Infected dan Non Infected pada Laboratorium Penelitian Kesehatan (Studi Kasus: Laboratorium Preparasi Fakultas Kedokteran Universitas Prof. DR. HAMKA)

Authors

  • Nindya Retno Musholiha Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jts.v5i1.5108

Keywords:

Pendidikan, Laboratorium, Ilmiah, UHAMKA

Abstract

Laboratorium adalah suatu ruangan yang dilengkapi dengan peralatan dan bahan berdasarkan metode ilmiah tertentu untuk melakukan percobaan ilmiah, penelitian, praktik pembelajaran dan kegiatan pengujian atau produksi bahan. Laboratorium mempunyai peranan penting untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik untuk menyeimbangkan ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan yang semakin pesat, khususnya laboratorium bidang pendidikan kedokteran Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (UHAMKA). Oleh karena itu, diperlukan fasilitas laboratorium yang dirancang secara terpadu di Gedung Fakultas Kedokteran yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas penggunanya. Khususnya Laboratorium Persiapan yang digunakan sebagai laboratorium penelitian. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan desain laboratorium penelitian pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dipengaruhi oleh aktivitas pengguna untuk memfasilitasi kegiatan pendidikan dalam hal akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Metodologi penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis deskripsi, pengumpulan data, analisis dokumen studi lapangan, wawancara, dan observasi.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Musholiha, N. R. (2024). Merancang Ruang Infected dan Non Infected pada Laboratorium Penelitian Kesehatan (Studi Kasus: Laboratorium Preparasi Fakultas Kedokteran Universitas Prof. DR. HAMKA). JURNAL TEKNIK SIPIL, 5(1), 25-30. https://doi.org/10.37366/jts.v5i1.5108