ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-SURABAYA BERBASIS KONSEP REKAYASA NILAI DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK

  • Raymond Jacson Georgen
  • Retno Fitri Astuti
  • Isria Miharti Maherni Putri

Abstract

Masalah mendasar dari aspek investasi pada proyek transportasi kereta cepat adalah biaya konstruksi (initial cost), operasional dan pemeliharaan yang begitu besar. Oleh karena itu, diperlukan ide dan inovasi untuk menarik pendapatan (revenue) agar biaya konstruksi serta biaya operasional dan biaya pemeliharaannya dapat tertutupi  dalam jangka waktu tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tersebut, yaitu dengan menganalisis kelayakan investasi  proyek kereta cepat khususnya pada rute jakarta-surabaya dengan menggunakan konsep rekayasa nilai sehingga dapat meningkatkan income (pendapatan). Penelitian ini menggunakan metode pendekatan sistem dinamik untuk memprediksi potensi permintaan (demand) perpindahan moda transportasi maupun demand akan penggunaan objek fasilitas pada fungsi-fungsi tambah yang  akan mempengaruhi jumlah revenue. Dalam pemodelan sistem dinamik, penelitian ini menggunakan alat bantu (tools) perangkat lunak powersim untuk menganalisis kelayakan investasi proyek kereta cepat jakarta-surabaya. Hasil penelitian ini memproyeksikan kelayakan investasi paling optimal didapat pada skenario multifungsi alternatif A rute ke-1, yaitu dengan nilai NPV pada skenario tarif tinggi sebesar Rp407,6 triliun. Selain itu, hasil proyeksi nilai IRR pada skenario multifungsi alternatif A rute ke-1 pada skenario tarif tinggi adalah sebesar 10,97%.

Published
2021-12-14
How to Cite
GEORGEN, Raymond Jacson; ASTUTI, Retno Fitri; PUTRI, Isria Miharti Maherni. ANALISIS KELAYAKAN INVESTASI PROYEK KERETA CEPAT JAKARTA-SURABAYA BERBASIS KONSEP REKAYASA NILAI DENGAN PENDEKATAN SISTEM DINAMIK. JURNAL TEKNIK SIPIL, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-10, dec. 2021. Available at: <https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/JUTIS/article/view/985>. Date accessed: 06 july 2022.