Pemanfaatan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Belajar Membaca Dengan Metode Tikrar Pada Taman Kanak-Kanak Taman Imani Iqra

Authors

  • Faishal Reza Pradhana Universitas Darussalam Gontor
  • Oddy Virgantara Putra Universitas Darussalam Gontor
  • Raja Syam Abbas Shagir Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

Media Pembelajaran, Android, Membaca

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang membuat manusia menuntut segala aspek kehidupan menjadi semakin mudah, teknologi pada peran pendidikan digunakan sebagai media pembelajaran inovatif yang diyakini mampu mengikuti perkembangan zaman. Disamping itu dalam proses pembelajaran yang hanya mengandalkan media cetak saja, hal tersebut dirasa kurang efektif dan efisien manakala kita sedang tidak berada di sekolah atau ruang baca. Sehingga pemanfaatan media lain seperti android dirasa perlu ketika sedang di kondisi tertentu. Tujuan dari penelitian ini ialah Merancang media pembelajaran belajar membaca berbasis android untuk menunjang pembelajaran belajar membaca di TK Taman Imani Iqra. Aplikasi pembelajaran belajar membaca menggunakan sistem Waterfall System Development Life Cycle. Model waterfall ini merupakan proses pengembangan perangkat lunak yang mengambarkan sebagaimana air terjun mengalir ke bawah. Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik pada smartphone android dan juga tablet berspesifikasi minimal android versi OS 4.4 KitKat dengan RAM 4GB keatas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat berjalan dengan baik dan mendapat nilai rata-rata dari seorang ahli materi dan media sebesar 96% dari nilai 100%. Pemanfaatan aplikasi android sebagai media pembelajaran membaca ini dinilai dapat membantu anak dalam belajar membaca tanpa membuat anak merasa jenuh ketika sedang belajar.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
F. Reza Pradhana, O. Virgantara Putra, and R. Syam Abbas Shagir, “Pemanfaatan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Belajar Membaca Dengan Metode Tikrar Pada Taman Kanak-Kanak Taman Imani Iqra ”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 48-56, Feb. 2023.