Implementasi Sistem Pendataan Masyarakat Penerima Bantuan Berbasis Mobile Android Dengan Teknologi NFC Menggunakan E-KTP

Authors

  • Toto Andri Gunawan Universitas Pelita Bangsa
  • Wiyanto Wiyanto Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Bantuan Sosial, Mobile Android, Waterfall

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat, mendorong masyarakat untuk bersikap lebih modern dan dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang dengan cepat. Proses penyaluran bantuan sosial di Desa Pasindangan yang kurang terorganisir dan tidak terstruktur sistem, dikarenakan masih menggunakan kupon berbentuk kertas sebagai tanda dan alat untuk transaksi pengambilan bantuan dan mencatat penerima tanpa sistem. Untuk itu dibuatkannya sistem pendataan berbasis android untuk membantu mempermudah dan mempercepat proses transaksi pendistribusian bantuan sosialnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall, karena dirasa sangat sesuai dan cocok dengan permasalahan yang terjadi pada penelitian ini, sedangkan dalam pengujian sistem yang telah dirancang yaitu dengan menggunakan blackbox testing. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem pendataan masyarakat penerima bantuan sosial berbasis mobile android dengan memanfaatkan teknologi nfc pada smartphone dan e-ktp sebagai alat transaksinya. Implementasi sistem pendataan ini dapat diimplemntasikan oleh user yaitu.petugas pelayanan desa dalam melakukan transaksi pendistribusian dengan menggunakan device android yang telah tersedia.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
T. Andri Gunawan and W. Wiyanto, “Implementasi Sistem Pendataan Masyarakat Penerima Bantuan Berbasis Mobile Android Dengan Teknologi NFC Menggunakan E-KTP”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 67-74, Feb. 2023.