Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Karyawan Baru Bagian Administrasi Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) pada PT. Sansyu Precision Indonesia

Authors

  • Aditya Stefanus Universitas Pelita Bangsa
  • Luzzatus Saniyah Universitas Pelita Bangsa
  • Okvanda Merryana Devi Universitas Pelita Bangsa
  • Slamet Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Perekrutan, Simple Additive Weighting (SAW)

Abstract

Seleksi perekrutan karyawan baru adalah suatu keharusan dan hal yang penting bagi perusahaan untuk memperoleh karyawan baru yang akan menduduki jabatan dalam suatu pekerjaan. Pada saat ini, proses rekrutmen karyawan baru pada PT.Sansyu Precision Indonesia belum dilakukan secara professional. Hal ini terjadi karena tidak ada metode standar yang sistematis untuk menilai kelayakan calon karyawan baru bagian administrasi. Biasanya HRD akan menilai secara manual calon karyawan dengan melihat data-data calon karyawan dan ini membutuhkan waktu yang lama. Untuk memecahkan permasalahan tersebut perlu dibuatkan suatu sistem pendukung keputusan yang dapat membantu perusahaan terutama HRD dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan baru bagian administrasi. Metode yang digunakan yaitu dengan membuat kuisioner yang diajukan kepada HRD sebagai penentu bobot kriteria yang pasti untuk calon karyawan baru bagian administrasi. Lalu dibuatlah aplikasi sistem pendukung keputusan penerimaan karyawan baru bagian administrasi yaitu menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Metode ini dipilih karena dapat menentukan nilai bobot untuk setiap atribut, kemudian dilanjutkan dengan proses perankingan yang akan menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah yang berhak dan layak diterima sebagai karyawan baru bagian administrasi berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Berdasarkan dari hasil pengujian, sistem yang dibuat dan diterapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses penyeleksian penerimaan karyawan baru bagian administrasi sehingga membantu HRD dalam pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan baru bagian administrasi pada PT. Sansyu Precision Indonesia.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
A. Stefanus, L. Saniyah, O. Merryana Devi, and Slamet, “Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Karyawan Baru Bagian Administrasi Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) pada PT. Sansyu Precision Indonesia”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 131-140, Feb. 2023.