Inovasi Metode Pembelajaran menggunakan Game-Based Learning (GBL) untuk Memotivasi Pelajar

Authors

  • Muhammad Azwa Dipani Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Game-Based Learning, Media Pembelajaran, Inovasi

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang efektifitas aplikasi digital sebagai alat pembelajaran. Rumusan masalah pada kajian ini yaitu bagaimanakah efektivitas aplikasi digital sebagai alat pembelajaran ditinjau dari motivasi pelajar. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang penelitiannya menggunakan studi pustaka (library research) yaitu metode pengumpulan data dengan cara memahami dan mempelajari teori-teori dari berbagai literatur yang berhubungan dengan penelitian. Hasil kajian menunjukkan bahwa game based learning sebagai alat pembelajaran sangat efektif ditinjau dari indikator motivasi. Keterlibatan siswa dalam game based learning sebagai alat pembelajaran akan memotivasi siswa untuk melakukan proses pembelajaran secara aktif dan memproses konten pendidikan serta meningkatkan pengalaman, motivasi, atensi dan kepuasan siswa dalam pembelajaran.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
M. Azwa Dipani, “Inovasi Metode Pembelajaran menggunakan Game-Based Learning (GBL) untuk Memotivasi Pelajar”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 197-204, Feb. 2023.