Sistem Pendukung Keputusan Dan Perbandingan Metode C4.5 Dengan K – Means Untuk Penentu Kelayakan Penerima Program Keluarga Harapan

Authors

  • Ammar Ma'ruf Universitas PGRI Ronggolawe
  • Amaludin Arifia Universitas PGRI Ronggolawe
  • Andik Adi Suryanto Universitas PGRI Ronggolawe
  • Diva Elydiya Yahya Universitas PGRI Ronggolawe

Keywords:

Data Mining, Clustering, Klasifikasi, PKH, SPK, C4.5 , K – Means

Abstract

Setelah melakukan penelitian dengan subjek penentuan kelayakan Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) serta melakukan perbandingan metode data mining C4.5 dengan K – Means . penelitian ini didasari oleh permasalahan yang ada yaitu terdapat kerumitan dalam proses pengolahan data selama ini dengan penduduk miskin yang menjadi proritasnya dan juga permasalah lain dalam pendistribusian bantuan belum tepat sasaran. Oleh karena itu, dalam mengoptimalkan baik proses pendistribusian dan mentukan layak menerima PKH dilakukan proses klasifikasi dan pengelompokkan (Clustering) menggunakan C45 dengan K – means. metode tersebut akan menggali informasi baru dengan menganalisa data penduduk miskin, setelah melakukan analisa kemudian mengukur performance dari kedua Metode C4.5 dan K – Means . Dari hasil pengujian performance dari kedua metode tersebut menunjukkan bahwa Software atau perangkat lunak yang dihasilkan mampu membedakan secara kuantitatif antara Metode C4.5 dengan accuracy rata - rata sebesar 75,00 % jika dibandingkan dengan metode K – means dengan accuracy rata – rata sebesar 31,67 %. Masing – masing menggunakan 3 model data uji.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
A. Ma’ruf, A. Arifia, A. Adi Suryanto, and D. Elydiya Yahya, “Sistem Pendukung Keputusan Dan Perbandingan Metode C4.5 Dengan K – Means Untuk Penentu Kelayakan Penerima Program Keluarga Harapan”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 272-277, Feb. 2023.