Peramalan Penjualan Produk Minyak Goreng Rose Brand Menggunakan Metode Time Series Sebagai Dasar Penetapan Kebijakan Production Planning (Studi Kasus PT. Tunas Baru Lampung)

Authors

  • Rahardian Khalid Perwira Wibowo Universitas Darussalam Gontor
  • Arief Rahmawan Universitas Darussalam Gontor
  • Palmadi Putri Surya Negara Universitas Darussalam Gontor

Keywords:

Peramalan penjualan, Produk, Metode time series, Uji Forecast Error, Perencanaan produksi

Abstract

  1. Tunas Baru Lampung merupakan sebuah perusahaan di bawah naungan PT. Budi Makmur Perkasa yang memproduksi produk minyak goreng sawit dengan merek edar Rose Brand. Berdasarkan data penjualan, produk Minyak Goreng Rose Brand ukuran 1 L mengalami fluktuasi atau berubah-ubah dan tidak selalu konstan pada setiap periodenya. Perusahaan harus memiliki perencanaan produksi yang baik guna mempersiapkan perusahaan dalam menangani berbagai permasalahan yang muncul. Permasalahan tersebut dapat diatasi menggunakan peramalan penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk meramalkan penjualan produk Minyak Goreng Rose Brand ukuran 1 L pada periode mendatang sebagai dasar penetapan kebijakan perencanaan produksi. Metode peramalan yang digunakan ialah metode time series yaitu terdiri dari metode Naive, Moving Average (MA), Weighted Moving Average (WMA), Exponential Smoothing, dan Exponential Smoothing with Trend Adjustment. Selain itu, pada penelitian ini uji forecast error yang digunakan ialah Mean Absolute Deviation (MAD), Mean Square Error (MSE), dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE). Kesimpulan pada penelitian ini yaitu metode peramalan yang sesuai digunakan ialah metode Exponential Smoothing with Trend Adjusment dengan nilai α=0.8 dan β=0.6 karena memiliki tingkat nilai kesalahan terkecil dari metode-metode lainnya yaitu MAD sebesar 10234.42, MSE sebesar 1668829886.46, dan MAPE sebesar 27.23%. Hasil peramalan penjualan tersebut sebagai rekomendasi untuk perusahaan dalam penetapan kebijakan perencanaan produksi.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
R. Khalid Perwira Wibowo, A. Rahmawan, and P. Putri Surya Negara, “Peramalan Penjualan Produk Minyak Goreng Rose Brand Menggunakan Metode Time Series Sebagai Dasar Penetapan Kebijakan Production Planning (Studi Kasus PT. Tunas Baru Lampung)”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 297-311, Feb. 2023.