Analisis Cacat Painting pada Produk Led Street Light dengan Pendekatan DMAIC (Define Measure Analyze Improvement Control)

Authors

  • Ardan Pradana Universitas Pelita Bangsa
  • Supriyati Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Six Sigma, DMAIC, FMEA, Painting

Abstract

PT. Show laser adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa Laser Marking, Spray Coating, Pad Printing. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisa cacat painting yang dialami PT. Show laser dengan menggunakan metode DMAIC. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu merupakan penelitian yang mendeskripsikan karakteristik masalah kualitas yang berkaitan dengan karakteristik dari obyek yang diteliti. Masalah yang sering terjadi saat proses painting part pada Lini Spray, muncul beberapa jenis defect yang cukup tinggi pada produk Lower Case. Untuk meningkatkan kualitas, peneliti menggunakan metode six sigma yang terdiri dari lima tahapan DMAIC. Persentase jenis cacat Over Painting sebesar 44% . DPMO selama Tahun 2021 adalah 22867. Sigma rata-rata 3,00, nilai sigma tersebut mencapai level rata-rata industri manufaktur di Indonesia. Hasil FMEA (Failure mode effect analysis) tempat dudukan/ jig part tidak presisi sehingga mudah bergoyang saat proses pengecatan RPN 294.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
A. Pradana and Supriyati, “Analisis Cacat Painting pada Produk Led Street Light dengan Pendekatan DMAIC (Define Measure Analyze Improvement Control) ”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 335-342, Feb. 2023.