Analisis Penyelidikan Uji Tanah Sondir Untuk Daya Dukung Permukaan Tanah dan Rekomendasi Pondasi Proyek New Plant di Pekanbaru Riau

Authors

  • Egi Maryadi Universitas Pelita Bangsa
  • Syaiful Anam Universitas Pelita Bangsa
  • Tedy Ramadhan Universitas Pelita Bangsa
  • Alfandias Seysna Putra Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Sondir, Sifat-sifat Karekteristik Lapisan Tanah, Jenis Pondasi, Soil Investigation

Abstract

Tanah adalah salah satu bagian yang memegang peran penting dalam perencanaan konstruksi. Selain bahan konstruksi tanah juga berguna sebagai pendukung yang menahan seluruh beban aksial dari suatu konstruksi. Dengan mengetahui jenis tanah dan parameter-parameter tanah kita dapat merencanakan suatu pondasi bangunan yang aman dan ekonomis. Cone Penetration Test (CPT) atau sondir merupakan sebuah cara yang didesain untuk mengetahui serta menguji kekuatan lapisan tanah. Pengujian sondir ini telah dilakukan untuk mengetahui daya dukung yang dihasilkan serta mengetahui jenis pondasi yang sesuai dengan titik lokasi penelitian. Metode penyelidikan tanah dilakukan dengan cara pengujian langsung di lapangan menggunakan alat sondir. Test sondir telah dilaksanakan dengan menggunakan alat sondir dengan kapasitas 2,50 ton dilengkapi dengan Adhesion Jacket Cone type Begemann yang dapat mengukur nilai penawaran konus (Cone Resistance) dan hambatan lekat (Local Friction) secara langsung dilapangan. Nilai perlawanan konus telah mencapai ≥ 250 kg/cm² atau telah mencapai hambatan lekat 2.50 ton (kapasitas alat). Diagram sondir yang memperlihatkan hubungan antara kedalaman sondir dibawah muka tanah dan besarnya nilai perlawanan konus (qc) serta jumlah hambatan pelekat (TF).

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
E. Maryadi, S. Anam, T. Ramadhan, and A. Seysna Putra, “Analisis Penyelidikan Uji Tanah Sondir Untuk Daya Dukung Permukaan Tanah dan Rekomendasi Pondasi Proyek New Plant di Pekanbaru Riau”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 444-454, Feb. 2023.