Perancangan Gedung Fakutas Kedokteran Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan Penerapan Konsep Arsitektur Kontekstual

Authors

  • Retno Astuti Universitas Pelita Bangsa
  • Isria Miharti Maherni Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Andi Juliyas Sugiyanto Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Arsitektur Kontekstual

Abstract

Kabupaten Karawang saat ini sudah menjadi salah satu kota industri terbesar di Indonesia, begitu pun industri pada bidang kesehatan, banyak sekali apotek, klinik dan rumah sakit yang baru dibangun dan yang sudah beroprasi, meningkatnya industri pada bidang ini sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk yang ada di Kabupaten Karawang namun tidak diimbangi dengan kesadaran akan pola hidup sehat. Melihat potensi ini penulis melihat adanya kekurangan pada lingkup tersebut yaitu belum adanya sekolah kedokteran di Kabupaten Karawang sehingga pemahaman tentang kesehatan belum begitu diprioritaskan. Kasus virus pandemik menyadarkan kita perlu adanya pihak akademisi dari bidang kesehatan sehingga diharapkan bisa meneliti kasus tersebut dengan cepat dan bisa mempercepat proses pencegahan maupun proses penyembuhan pada masyarakat yang sudah terjangkit. Universitas Buana Perjuangan Karawang adalah Universitas Swasta yang baru dibangun sekitar tahun 2015, namun demikian Universitas tersebut sudah memiliki sekitar 8469 mahasiswa dan 205 tenaga pendidik, dengan dibangunnya gedung Fakultas Kedokteran pada Universitas tersebut diharapkan bisa menjadi nilai tambah pada Universitas tersebut dan bisa mendukung tentang pemahaman akan kesehatan pada wilayah tersebut. Perancangan gedung ini menggunakan konsep Arsitektur Konstektual agar tidak merubah nilai – nilai yang ada pada lingkungan kampus tersebut selama ini berlatih dan bertanding hanya di lapangan stadion krida bhakti dan juga menjadi langkah awal tentang kemajuan sepakbola di Kabupaten Grobogan Jawa Tengah.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
R. Astuti, I. M. Maherni Putri, and A. Juliyas Sugiyanto, “Perancangan Gedung Fakutas Kedokteran Universitas Buana Perjuangan Karawang dengan Penerapan Konsep Arsitektur Kontekstual”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 455-466, Feb. 2023.