Literature Review : Pengelolaan Dan Pengolahan Air Lindi Pada Sampah Padat Kota Di Beberapa Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Di Jawa Tengah

Authors

  • Shandio Farhan Januar Universitas Pelita Bangsa
  • Putri Anggun Sari Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Air Lindi, Air Tanah, Sampah Padat, Evapotranspirasi, Pengolahan, Fluktuasi

Abstract

Air lindi merupakan hasil sekunder dari sampah padat yang terkena oleh air hujan. Pada tempat pemosresan akhir sampah dihasilkan air lindi yang harus diolah agar tidak mencemari air tanah. Air lindi mampu mencemari air tanah dengan unsur unsur organic yang terkandung serta mampu menghasilkan bau yang tidak enak. Ada beberapa metode dalam pengolahan air lindi yakni, fisika, kimia, dan biologi. Masing- masing metode memiliki keefektifan dan keefisiensian yang berbeda. Metode yang digunakan untuk pengolahan air lindi di beberapa TPA di Jawa Tengah menggunakan metode Constructed Wetland dan Evapotranspirasi. Dari dua metode tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan yang berbeda.

Downloads

Published

2023-02-27

How to Cite

[1]
S. Farhan Januar and P. Anggun Sari, “Literature Review : Pengelolaan Dan Pengolahan Air Lindi Pada Sampah Padat Kota Di Beberapa Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Di Jawa Tengah”, SAINTEK, vol. 2, no. 1, pp. 548-554, Feb. 2023.