Instalasi dan Verifikasi Quality Test Module (QTM) Cerulean untuk Mengurangi Data error pada Produk Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Putih Mesin (SPM)

Authors

  • Dadang Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  • Juwari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  • Santoso Wijaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya
  • Mirza Erwinda Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya

Keywords:

Quality Test Module (QTM), Pressure Drop, Ventilation

Abstract

Quality Test Module (QTM) merupakan instrumen penting dalam mengukur data fisik produk sigaret. Data fisik melibatkan beberapa parameter, seperti ventilasi dan pressure drop. Namun, penggunaan QTM selama lebih dari lima tahun menunjukkan penurunan akurasi dan presisi. Data error yang tercatat mencapai 1,62%, dengan variasi ventilasi sebesar 6% dan pressure drop sebesar 48,6 mmWg. Hal ini membawa risiko terhadap validitas data fisik dan kimia, termasuk Total Aerosol Residue (TAR) dan kandungan nikotin. Sebagai upaya penanggulangan, dilakukan pembaruan sistem yang komprehensif, melibatkan pelatihan bagi operator QTM, pembaharuan unit, kalibrasi berkala, dan pemeliharaan rutin selama periode observasi tiga bulan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dengan mengurangi data error menjadi 0,63%, menstabilkan variasi ventilasi sebesar 4,2%, dan menjaga pressure drop yang terkendali dengan variasi sebesar 35,6 mmWg. Peningkatan sistematis ini berhasil mengembalikan tingkat presisi dan akurasi pengukuran data fisik produk sigaret serta memberikan kontribusi positif terhadap keandalan data yang dihasilkan. Perbaikan ini diharapkan dapat meningkatkan akurasi dan presisi pengukuran QTM secara keseluruhan, sekaligus membantu dalam verifikasi akurasi kandungan kimia pada sigaret sesuai dengan standar SNI 01-0765 Tahun 1999 tentang Sigaret Putih dan SNI 0766 Tahun 2015 tentang Sigaret Kretek.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

[1]
Dadang, Juwari, S. Wijaya, and M. Erwinda, “Instalasi dan Verifikasi Quality Test Module (QTM) Cerulean untuk Mengurangi Data error pada Produk Sigaret Kretek Mesin (SKM) dan Sigaret Putih Mesin (SPM)”, SAINTEK, vol. 3, no. 1, pp. 316-321, Feb. 2024.