Application of Green Process Concept of Demineralisation Water with Electronic DI-Water Monitoring System (E-DIWMS) based on IoT Technology in the Manufacturing Industry

Authors

  • Adi Rusdi Widya Universitas Pelita Bangsa
  • Supriyati Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Raw Water, Green Process, DI-Water, E-DIWMS

Abstract

Penggunaan Air Baku dan Pengolahan limbah industri menjadi salah satu perhatian bagi perusahaan dalam melakukan pembangunan berkelanjutan, menjalankan proses produksi ramah lingkungan memerlukan strategi dan tindakan yang tepat agar biaya yang di alokasikan seusai dengan kebutuhan dan rencana yang sudah dibuat, masalah yang terjadi saat ini adanya beban biaya perusahaan dalam menyediakan air baku sebagai bahan proses pengolahan limbah, penyiraman tanaman, kebersihan alat produksi, cetakan, mesin dan peralatan lainnya, penggunaan air baku tersebut harus di kendalikan agar pemakaiannya sesuai dengan kebutuhan, Tujuan penelitian ini diharapkan membantu perusahaan dalam memanfaatkan air hasil olahan dari proses demineralization (DI-Water) untuk digunakan kembali sebagai air baku proses-proses tersebut, Metode yang digunakan membuat sistem electronic DI-Water monitoring system (E-DIWMS), mengumpulkan studi literatur, mencari referensi, merancang sistem dan menentukan komponen yang akan digunakan, membuat perangkat keras, membuat program dan melakukan pengujian perancangan sistem. kesimpulan hasil penelitian dapat digunakan sebagai strategi perusahaan dalam penghematan penggunaan air baku, pengurangan biaya pemakaiannya dan membuat konsep proses hijau dalam melakukan pembangunan yang berkelanjutan.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

[1]
A. R. Widya and Supriyati, “Application of Green Process Concept of Demineralisation Water with Electronic DI-Water Monitoring System (E-DIWMS) based on IoT Technology in the Manufacturing Industry”, SAINTEK, vol. 3, no. 1, pp. 192-199, Feb. 2024.