Meningkatkan Penjualan Ritel Cross-Selling Menggunakan Algoritma Apriori pada Dataset Bahan Makanan

Authors

  • Ananto Tri Sasongko Universitas Pelita Bangsa
  • Agung Nugroho
  • Ahmad Turmudi Zy

Keywords:

Kebiasaan Transaksi Konsumen, Analisis Data, Algoritma Apriori, Bisnis Retail, Cross-Selling

Abstract

Keberlanjutan suatu perusahaan sangat bergantung pada peran konsumen dalam melakukan transaksi. Ternyata konsumen mempunyai perilaku dan karakteristik yang beragam, sehingga diperlukan kemampuan menganalisis pola atau kebiasaan konsumen dalam bertransaksi. Hal serupa juga terjadi pada bisnis retail yang menghadapi beberapa permasalahan dalam proses penjualannya, seperti kelangkaan stok, produk yang tidak terjual, serta perbedaan popularitas produk dan permintaan konsumen. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kebiasaan konsumen dalam bertransaksi. Metode asosiasi dengan algoritma Apriori terbukti efektif dalam menganalisis kebiasaan transaksi konsumen pada bisnis retail. Perhitungan dataset sembako menunjukkan rata-rata persentase nilai dukungan sebesar 0,05 dan nilai keyakinan sebesar 0,03. Penerapan metode asosiasi dengan algoritma Apriori dapat membantu bisnis retail dalam merancang produk dan menentukan langkah strategis untuk meningkatkan penjualan, seperti memberikan diskon atau promosi pada produk tertentu.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

[1]
A. T. Sasongko, A. Nugroho, and A. T. Zy, “Meningkatkan Penjualan Ritel Cross-Selling Menggunakan Algoritma Apriori pada Dataset Bahan Makanan”, SAINTEK, vol. 3, no. 1, pp. 27-34, Feb. 2024.