PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. BNYE (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)

Authors

  • Nadya Hasena Universitas Islam Negeri Raden Fatah
  • Gina Agiyani Universitas Islam Negeri Raden Fatah

Keywords:

Kata kunci: Sistem Informasi, Penilaian Kinerja Karyawan, Unified Modeling Language (UML), Rapid Application Development.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin maju pada saat ini memacu manusia untuk berfikir lebih maju. Karena didorong oleh perkembangan teknologi, manusia menginginkan segala sesuatu dilaksanakan dengan cepat, tepat, dan teliti[1]. PT. Bakti Nugraha Yuda Energy merupakan salah satu Perusahaan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan bahan bakar utama batubara yang berlokasi di Desa Tanjung Kemala, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten Ogan Komering Ulu. Tingkat kinerja yang terjadi dalam PT. Bakti Nugraha Yuda Energy khususnya bagian kepegawaian berada dalam kategori yang cukup padat dan membutuhkan konsentrasi yang tinggi dalam Mengolah data pegawai, banyaknya pembuatan laporan-laporan yang terjadi, dan penilaian kinerja yang dilakukan. berdasarkan permasalahan diatas PT. BNYE membutuhkan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan sehingga dapat menyimpan arsip-arsip dalam sistem, data terdokumentasi dengan baik sehingga tidak rentan untuk hilang, pencarian data menjadi efektif dan efisien, dan menghemat biaya operasional[2]. Perancangan ini menerapkan pemodelan Unified Modeling Language (UML) terdiri dari use case diagram, activity diagram, dan class diagram[3]. Penelitian ini menggunakan metode penelitian RAD (Rapid Application Development). Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi website yang dapat diakses secara realtime sehingga karyawan dapat menginput kegiatan kinerjanya. Teknisi juga dapat lebih meningkatkan kinerjanya karena dapat dimonitor secara langsung oleh atasan maupun manager[4].

Kata kunci: Sistem Informasi, Penilaian Kinerja Karyawan, Unified Modeling Language (UML), Rapid Application Development.

Downloads

Published

2024-03-15

How to Cite

[1]
Nadya Hasena and Gina Agiyani, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENILAIAN KINERJA KARYAWAN PADA PT. BNYE (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) ”, SAINTEK, vol. 3, no. 1, pp. 144-153, Mar. 2024.