Penerapan Kombinasi Algoritma Kriptografi Vigenere Cipher dan Steganografi LSB pada Keamanan Data Teks dalam Aplikasi Google Drive

Authors

  • Muhamad Ariel Saputra Universitas Pelita Bangsa
  • Yusuf Putra Bintang Satria Universitas Pelita Bangsa
  • Zidan Lutfi Ramadhan Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kriptografi, vigenere chiper, steganografi, lsb, google drive

Abstract

Penelitian ini memperkenalkan kombinasi algoritma kriptografi Vigenere Cipher dan steganografi LSB untuk meningkatkan keamanan data teks pada aplikasi Google Drive. Tujuan utamanya adalah untuk memperkuat pengamanan informasi yang disimpan di cloud dengan mengenkripsi teks menggunakan Vigenere Cipher dan menyembunyikannya dalam Least Significant Bit (LSB) suatu gambar, yang kemudian diunggah ke Google Drive. Pendekatan terpadu ini menciptakan lapisan keamanan ekstra, yang menegaskan efektivitasnya dalam memperkuat kerahasiaan data teks di pengaturan cloud. Temuan penelitian menyoroti keberhasilan metodologi yang diusulkan, menekankan efisiensinya dalam memastikan privasi dan keamanan data teks yang disimpan di Google Drive.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

[1]
M. Ariel Saputra, Y. P. Bintang Satria, and Z. . Lutfi Ramadhan, “Penerapan Kombinasi Algoritma Kriptografi Vigenere Cipher dan Steganografi LSB pada Keamanan Data Teks dalam Aplikasi Google Drive”, SAINTEK, vol. 3, no. 1, pp. 88-96, Feb. 2024.