MENGHILANGKAN ISSUE HOLE NOT CENTER FUEL TANK YANG BERPENGARUH TERHADAP ACHIEVEMENT YANG ADA DI “LINE ASSEMBLY’’ PADA PT XYZ DENGAN METODE WHY-WHY ANALYSIS (QCC and PDCA)

Authors

  • Bayu Setiawan Universitas Pelita Bangsa
  • Ayu Rahmawati Universitas Pelita Bangsa
  • Dimas Adhitia Universitas Pelita Bangsa
  • Yudi Prastyo Universitas Pelita Bangsa
  • Tri Ngudi Wiyatno Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kualitas, Quality Control CIrcle, Plan Do Check Analysis, Seven Tools, Failure Mode Effect Analysis.

Abstract

PT XYZ Manufactur adalah perusahaan manufaktur yang bergerak dalam bidang otomotif jenis produk yang dihasilkan adalan produk otomotif roda 4 yang sangat menjaga proses kualitas,namun faktanya pada Agustus 2022 ditemukan Defect Hole Not Center pada produk sebanyak 40 unit, sehingga perusahaan harus melakukan perbaikan kualitas . Metode yang digunakan untuk perbaikan kualitas yaitu metode Quality Control Circle dan Failure Mode Effect Analysis. Metode QCC lebih berfokus pada pengendalian mutu produk dalam melakukan perbaikan dengan siklus PDCA dan Seven tools, Sedangakan FMEA digunakan untuk mencari nilai RPN dari setiap faktor penyebab defect yang tertinggi agar dijadikan prioritas utama untuk dilakukan perbaikan. Hasil yang didapat menyatakan bahwa faktor mesin menjadi penyebab utama terjadinya defect Hole Not Center pada pada saat pemasangan Fuel Tank di ikuti faktor, metode, dan manusia. Setelah dilakukan perbaikan pada factor-faktor penyebab defect tersebut defect Hole Not Center berhasil menurun dari 40 unit menjadi Zero Defect. Sesuai dengan yang ditargetkan perusahaan.

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

[1]
B. Setiawan, A. Rahmawati, D. Adhitia, Y. Prastyo, and T. Ngudi Wiyatno, “MENGHILANGKAN ISSUE HOLE NOT CENTER FUEL TANK YANG BERPENGARUH TERHADAP ACHIEVEMENT YANG ADA DI “LINE ASSEMBLY’’ PADA PT XYZ DENGAN METODE WHY-WHY ANALYSIS (QCC and PDCA)”, SAINTEK, vol. 3, no. 1, pp. 266-277, Feb. 2024.