REDESAIN EKOWISATA TAMAN LIMO BEKASI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGI

Authors

  • Retno Fitri Astuti
  • Isria Miharti Maherni Putri
  • Syifa Aulia

Keywords:

Kabupaten Bekasi, Taman Limo, Arsitektur Ekologi, Wisata Rekreasi, Kuliner

Abstract

Taman Limo merupakan sebuah tempat wisata yang mewadahi kegiatan rekreasi dan kuliner yang berada di kabupaten bekasi. Wisata Taman Limo merupakan pemikiran hasil dari ide gagasan penduduk setempat. Taman Limo hadir sebagai tempat wisata dan kuliner yang ditujukan kepada masyarakat kabupaten bekasi mengenai rekreasi hiburan dan kuliner, yang dikemas menjadi kawasan ekowisata taman limo. Lokasi Redesain Ekowisata Taman Limo berada di Kabupaten Bekasi, tepatnya terletak di jalan Jatiwangi yang merupakan lokasi strategis untuk meredesain kawasan ekowisata taman limo ini karena lokasinya berada ditengah - tengah Kawasan Industri MM2100 dan permukiman warga. Sebagai bangunan rekreasi ekowisata yang berlokasi di zona lahan milik pemerintah, Dalam perencanaan menjadi sebuah kawasan wisata membutuhkan penataan dan tampilan yang menarik untuk dapat meningkatkan keindahan dan kenyamanan tempat, agar dapat mendatangkan wisatawan. Dikarenakan taman limo merupakan wisata alam dengan konsep outdoor dan menyatu dengan alam, sehingga dipilihlah konsep Arsitektur Ekologi sebagai strategi desainnya. Perancangan ini menggunakan konsep ekologi yang akan diterapkan pada design material dan desain bangunan yang ada pada taman limo. Penerapan prinsip ekologi diwujudkan dengan menerapkan desain yang terlihat alam dan natural, bukaan pada bangunan, penataan interior yang tepat dan material bangunan yang mendukung konsep. Dengan adanya taman limo maka penyediaan destinasi wisata dan kuliner bagi masyarakat Kabupaten Bekasi dan sekitarnya dapat tercapai.

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi BPS-Statistic Of Bekasi Regency tahun 2018.

Badan Pusat Statistik Kabupaten Bekasi BPS-Statistic Of Bekasi Regency tahun 2021. Badan Statistik Kabupaten Bekasi Tahun 2018. Badan Statistik Kabupaten Bekasi Tahun 2021. Danang Setiawan. 2020. “Perencanaan Dan Perancangan Wisata Situ Rawa Gede Berbasis Edukasi Dan Budaya Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi”. Tugas Akhir. Bekasi: Universitas Pelita Bangsa. Damanik, Janianton dan Weber, Helmut. (2006). Perencanaan Ekowisata Dari Teori ke Aplikasi. Yogyakarta: PUSPAR UGM dan Andi. Neufert, Ernst, Sunarto Tjahjadi. 1997. Data Arsitek Jilid I Vol.33. Jakarta: Erlangga. Neufert, Ernst, Sjamsu Amril. 2002. Data Arsitek Jilid 2 Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga. Neufert. Ernst, Baiche, B. 2002. Data Arsitek Jilid 3 Third Edition. Jakarta: Erlangga. Peraturan Menteri Pariwisata Nomor 3 Tahun 2018 tetang Petunjuk Operasional Pengelolaan Dana Alokasi Fisik Bidang Pariwisata. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/PRT/M/2008 tentang Pedoman Penyediaan dan Pemanfaatan Ruang Terbuka Hijau di Kawasan Perkotaan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor : 05/PRT/M/2012 tentang

penanaman pohon pada system jaringan jalan di Kawasan Perkotaan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Bekasi Tahun 2011-2031.

Downloads

Published

2023-12-28