PERENCANAAN DAN PERANCANGAN PARIWISATA BUPER (BUMI PERKEMAHAN) MENTEK BERBASIS ECOTOURISM DI DESA WISNU, KEC. WATUKUMPUL, KAB. PEMALANG

Authors

  • Purnama Sakhrial Pradini
  • Agus Susanto

Keywords:

Kata kunci: Pemalang, Watukumpul, Pariwisata BUPER Mentek, Ecotourism

Abstract

ABSTRACT

Watukumpul is one of the sub-districts in Pemalang Regency, where this region has a very beautiful natural potential, the Mentek campground area. In addition, the community around campground Mentek also has a very unique culture that is Silakupang culture. However, the potential contained in Watukumpul District has not been managed and developed properly. Judging from the natural and cultural potential that exists, the development of a tourism area is the right choice to improve the economy of the local area and can highlight the identity of the local community. In the preparation of tourism planning and design it uses descriptive methodology by collecting data and tends to use data analysis. Therefore the ecotourism- based campground Mentek tourism planning and tourism design in Wisnu Village, Watukumpul District Pemalang Regency is the best choice. So that the existence of this tourism activity can empower and introduce the culture of the local community with educational activities.

 

Keywords: Pemalang, Watukumpul, Mentek camp tourism, Ecotourism

 

 

ABSTRAK

Watukumpul merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Pemalang, dimana wilayah ini mempunyai potensi alam yang sangat indah yaitu Kawasan BUPER (Bumi Perkemahan) Mentek. Selain itu, masyarakat sekitar BUPER Mentek juga mempunyai kebudayaan yang sangat unik yaitu kebudayaan Silakupang. Akan tetapi potensi yang terdapat di Kecamatan Watukumpul belum dikelola dan dikembangkan dengan baik. Dilihat dari potensi alam dan kebudayaan yang ada, maka pengembangan sebuah kawasan pariwisata adalah pilihan yang tepat untuk meningkatkan perekonomian daerah setempat dan dapat menonjolkan identitas masyarakat setempat. Dalam penyusunan perencanaan dan perancangan pariwisata ini menggunakan metodologi deskriptif dengan mengumpulkan data dan cenderung menggunakan analisa data. Oleh karena itu desain perencanaan dan perancangan pariwisata BUPER Mentek berbasis ecotourism di Desa Wisnu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang merupakan pilihan terbaik. Sehingga dengan adanya kegiatan pariwisata ini dapat memberdayakan serta mengenalkan kebudayaan masyarakat setempat dengan adanya kegiatan edukasi.

 

Kata kunci: Pemalang, Watukumpul, Pariwisata BUPER Mentek, Ecotourism

 

References

Daftar Pustaka
Dahuri. 2001. Pengelolaan sumber daya wilayah pesisir dan lautan secara terpadu. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Damamik, dan Weber. 2006. Perencanaan
Ekowisata: dari Teori ke Aplikasi.
Yogyakarta: Buku Pusat Studi Pariwisata
UGM dan ANDI Yogyakarta.
Musanef. 1995. Manajemen Pariwisata di
Indonesia. Jakarta: Gunung Harta.
Sayan, M. S. dan Atik, M. (2011). Recreation
Carrying Capacity Estimates for Protected Areas. Turkey: A Study of Termessos National Park.
Spillane. 1989. Pariwisata Indonesia; Siasat
Ekonomi Dan Kebudayaan. Yogyakarta: Kanisius.
Suryono. 2004. Pengantar Teori
Pembangunan. Malang: Universitas Negeri. UU No. 9. 1990. Tentang Kepariwisataan dan
Kebudayaan.
Wahab. 1992. Manajemen Kepariwisataan.
Jakarta: Pradnya Paramita.

Published

2021-08-23