PELATIHAN BUDIDAYA MAGOT DAN POTENSI PASAR DI INDONESIA DENGAN PEMASARAN ONLINE DI DESA JATIREJA – CIKARANG

Authors

  • Prasetyo Harisandi Universitas Pelita Bangsa
  • Rina Nurjanah Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i01.1316

Abstract

Dalam masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat mengalami kesulitan di sektor ekonomi. Mereka membutuhkan penghasilan tambahan agar dapat menunjang kebutuhan sehari-hari mereka. Dalam rangka melakukan pengabdian kepada masyarakat, penulis memberikan bantuan para masyarakat yang merupakan para pemuda dan para pekerja yang berada didaerah Jatireja-Cikarang Bekasi, Pemasalahan yang dihadapi adalah bagaimana cara untuk menaggulangi sampah organic non B3 agar tidak mencemari lingkungan dan dapat dimanfaatkan dengan baik serta dapat memberikan penghasilan kepada masyarat dan bagaimana cara memasarkannya. Kemudian penulis mengajarkan bagaimana cara melakukan budidaya maggot dengan memanfaatkan sampah non B3 dan mempromosikan produk mereka melalui pemasaran produk secara online, mengajarkan bagaimana cara membuat toko online, cara mengambil foto untuk promosi dan bagaimana membuat desain logo para toko online . Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah agar masyarakat mendapatkan pengetahuan terkait budidaya maggot dan pemasaran produk agar produk yang dipasarkan dapat lebih dikenal oleh masyarakat sehingga produk yang diproduksi dapat dipasarkan dengan baik dan dapat membantu meningkatkan perekonomian dimasa pandemic covid 19

Hasil dari pengabdian ini adalah mitra dapat membudidayakan Magot dan memiliki akun usaha sendiri di Toko Online

 

Kata Kunci: Ekonomi, Pemasaran online, Produksi

 

Abstract

 

During the Covid-19 pandemic, many people are experiencing difficulties in the economic sector. They need additional income in order to support their daily needs. In order to serve the community, the author provides assistance to the community, which are youths and workers in the Jatireja-Cikarang Bekasi area. The problem faced is how to manage non-B3 organic waste so that it is not environmentally friendly and can be used properly and can be utilized well to provide income to the community and how to market it. Then the author teaches how to cultivate maggots by utilizing non-B3 waste and promoting their products through online product marketing, teaching how to create an online store, how to take photos for promotion and how to design logos for online shops. The purpose of this service activity is for the community to be related to the economy, maggot cultivation and product marketing so that the products marketed can be better known by the public so that products can be marketed properly and can help improve the COVID-19 pandemic.

The result of this service is that partners can cultivate Magot and have their own business account at the Online Store.

References

books @ www.google.co.id. (без дата). https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran/mUkQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=PEMASARAN+MENURUT+PARA+AHLI+TERBARU&printsec=frontcover
DOKUMEN MONOGRAF.pdf. (без дата).
Hermawan, Y., & Inayah, L. (2022). Strategi Pemasaran Online Usaha Rumahan Untuk Menarik Konsumen ( Study Kasus Di Usaha Rumahan Puspa Bakery Yogyakarta ) Online Marketing Startegy of Home Industry to Attract Consumers ( Case Study in Puspa Bakery Yogyakarta ’ s Home Industry ). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 39–45.
Setyowati, L. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Dan Minat Pelanggan Terhadap Peningkatan Laba Kharisma Studio. MINISTAL: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.54259/ministal.v1i1.334

books @ www.google.co.id. (без дата). https://www.google.co.id/books/edition/Manajemen_Pemasaran/mUkQEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=PEMASARAN+MENURUT+PARA+AHLI+TERBARU&printsec=frontcover
Book @ https://purwarejaklampok.banjarnegarakab.go.id/maggot-black-soldier-fly/
DOKUMEN MONOGRAF.pdf. (без дата).
Hermawan, Y., & Inayah, L. (2022). Strategi Pemasaran Online Usaha Rumahan Untuk Menarik Konsumen ( Study Kasus Di Usaha Rumahan Puspa Bakery Yogyakarta ) Online Marketing Startegy of Home Industry to Attract Consumers ( Case Study in Puspa Bakery Yogyakarta ’ s Home Industry ). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 39–45.
Setyowati, L. (2022). Pengaruh Pemasaran Online Dan Minat Pelanggan Terhadap Peningkatan Laba Kharisma Studio. MINISTAL: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Digital, 1(1), 19–28. https://doi.org/10.54259/ministal.v1i1.334

Published

2022-09-14

How to Cite

Harisandi, P., & Nurjanah, R. (2022). PELATIHAN BUDIDAYA MAGOT DAN POTENSI PASAR DI INDONESIA DENGAN PEMASARAN ONLINE DI DESA JATIREJA – CIKARANG. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(01), 11-18. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i01.1316