PELATIHAN DIGITAL MARKETING DI WILAYAH KECAMATAN CIMACAN KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT UNTUK MEWUJUDKAN DESA WISATA DIGITAL

Authors

  • Ahmad Fathurrozi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • R.Wisnu Prio Pamungkas Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Priska Kristyawan Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Porwo Tjahyoko Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1455

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu bagian yang begitu sangat penting bagi suatu negara. Dengan terdapatnya pariwisata, suatu negara atau daerah tempat objek wisata tersebut dapat memberi pemasukan secara khusus atau pendapatan untuk daerah tersebut. Pariwisata dinyatakan sebagai pengaruh yang kuat dalam perkembangan wilayah maupun daerah sekitar obyek wisata. Pariwisata Indonesia diharapkan dapat berperan sebagai penentu dan katalisator pengembangan pembangunan wilayah secara bertahap, Oleh sebab itu sektor pariwisata Indonesia dijadikan sorotan. Industri pariwisata di Indonesia wajib mendapat atensi secara khusus oleh pemerintah baik pusat maupun daerah dalam pengembangan pariwisatanya.

Nama Desa Cimacan merupakan salah satu nama desa yang berada di Kecamatan cipanas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, mempunyai luas wilayah 636 hektar pada tahun 2021. Secara secara geografis Desa Cimacan terletak sebelah utara dari desa ciloto, sebelah Timur Desa Palasari, sebelah selatan Desa Sindanglaya dan sebelah Barat dari Desa Gede Pangrango Sukabumi serta Desa Tugu Selatan Bogor. Jumlah kepala keluarga di Desa Cimacan terdapat 5950 dengan total jumlah penduduknya 19770 Jiwa.

Permasalahan utama desa cimacan dalam bidang sektor pariwisata adalah: (1) Kondisi saat ini belum adanya channel sosial media yang mempromosikan secara gencar terhadap fasilitas wisata desa, (2) Belum adanya petugas khusus yang kompeten dalam membuat konten digital marketing sebagai usaha untuk promosi wisata desa digital, (3) Pembuatan konten multimedia yang menarik perhatian di channel sosial media sehingga bisa meningkatkan pengunjung serta untuk promosi yang lebih luas di internet. Untuk itu di usulkan pelatihan yang menunjang kegiatan promosi pariwisata desa digital. Metode yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan Evaluasi. Output dari PKM ini menghasilkan tenaga digital marketing untuk mendukung kegiatan pariwisata desa.

Nama Desa Cimacan merupakan salah satu nama desa yang berada di Kecamatan cipanas Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat, mempunyai luas wilayah 636 hektar pada tahun 2021. Secara secara geografis Desa Cimacan terletak sebelah utara dari desa ciloto, sebelah Timur Desa Palasari, sebelah selatan Desa Sindanglaya dan sebelah Barat dari Desa Gede Pangrango Sukabumi serta Desa Tugu Selatan Bogor. Jumlah kepala keluarga di Desa Cimacan terdapat 5950 dengan total jumlah penduduknya 19770 Jiwa.

Permasalahan utama desa cimacan dalam bidang sektor pariwisata adalah: (1) Kondisi saat ini belum adanya channel sosial media yang mempromosikan secara gencar terhadap fasilitas wisata desa, (2) Belum adanya petugas khusus yang kompeten dalam membuat konten digital marketing sebagai usaha untuk promosi wisata desa digital, (3) Pembuatan konten multimedia yang menarik perhatian di channel sosial media sehingga bisa meningkatkan pengunjung serta untuk promosi yang lebih luas di internet. Untuk itu di usulkan pelatihan yang menunjang kegiatan promosi pariwisata desa digital. Metode yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah dengan 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan dan Evaluasi. Output dari PKM ini menghasilkan tenaga digital marketing untuk mendukung kegiatan pariwisata desa.

 

References

Jabar Digital Service Team. 2019. “Optimizing the Potential of West Java Villages Through the Digital Village Program”. [Online]. Available:https://opendata.jabarprov.go.id/id/infografik/optimalisasi-potensi-desa-jawa-barat-lewat-program-desa-digital.

Bagus Putu Wahyu Nirmala, Nengah Widya Utami dan A.A Istri Ita Paramitha, "Digitalisasi Desa dan Potensi Wisata Di Desa Kerta, Kabupaten Gianyar Menuju Pariwisata 4.0", Volume 4 Nomor 3 Desember 2020 halaman 350 , LPPM Universitas Jambi, Available: https://online-journal.unja.ac.id/JKAM/article/download/11273/10283/31643.

Sri Herwindya Baskara Wijaya et all, "Workshop Literasi Pemasaran Digital Desa Wisata Di Desa Tanjung, Klaten, Jawa Tengah" Prosiding PKM-CSR, Vol. 4 (2021) halaman 1157, https://www.prosiding-pkmcsr.org/index.php/pkmcsr/article/download/1260/756

Alayka Fadhly Adn, "Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pembangunan Wisata Digital Di Desa Kandri Kota Semarang Tahun 2017-2019", Undip's E-Journal (Universitas Diponegoro), https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/download/25023/22278

Angga and Rifqi. 2020. “Deputy village ministry PDTT Calls Village Digitalization a Transformation Towards Advanced Indonesia”. [Online]. Jurnal Karya Abdi, Available:https://kemendesa.go.id/berita/view/detil/3506/wamendes-pdtt-sebut-digitalisasi-desa-sebagai-transformasi-menuju-indonesia-maju

Downloads

Published

2022-11-10 — Updated on 2022-11-10

Versions

How to Cite

Fathurrozi, A., Pamungkas, R. W. P. ., Kristyawan, P. ., & Tjahyoko, P. . (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DI WILAYAH KECAMATAN CIMACAN KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT UNTUK MEWUJUDKAN DESA WISATA DIGITAL. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(02), 9-15. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1455