PELATIHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA WANGUN HARJA,CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Daspar Universitas Pelita Bangsa
  • Yunita Ramadhani Ratnaningsih DS Universitas Pelita Bangsa
  • Nasrun Baldah Universitas Pelita Bangsa
  • Nur'Aeni Universitas Pelita Bangsa
  • Rismawati Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

PPengabdian Masyarakat,UMKM

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu unit usaha yang memiliki peran penting dalam perkembangan dan pertumbuhan perekonomian Indonesia. Dengan adanya sektor UMKM, pengangguran akibat angkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja menjadi berkurang.Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui peranan layanan pelatihan digital marketing bagi pelaku UMKM di Desa Wangun Harja. Dalam pengabdian masyarakat di Desa Wangun Harja Kecamatan Cikarang Utara ini ada 4 metode yang digunakan diantaranya adalah observasi, wawancara, pelatihan, dan penyuluhan. Digital marketing berperan memasarkan produk - produk UMKM melalui platform digital. Diantara berbagai platform digital yang ada, peneliti memilih instagram ads untuk memasarkan produk-produk UMKM di desa Wangun Harja,Kecamatan Cikarang UJtara, Kabupaten Bekasi. Instagram Ads adalah sebuah platform iklan di media sosial. Instagram Ads akan memungkinkan pelaku UMKM untuk membuat iklan di feed Instagram dan Instagram stories

References

Frinces 2008)(Frinces, Z. Heflin.(2008).

Manajemen, Konsep Membangun Sukses. Yogyakarta:Mida Pustaka

Hariandja, Marihot Tua Efendi.2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Grasindo.Jakarta

Mathis,Robert L. & John H. Jackson.2010. Human Resource Management :Manajemen SumberDaya Manusia. Edisi ke-10. EdisiBahasa Indonesia. Salemba Empat,Jakarta.

Trisnawati, Tuti. 2009. Akuntansi UntukKoperasi dan UKM-Tuti Trisnawati. Edisi. No. Panggil 657 TRI A. Jakarta:Salaemba Empat

https://www.umkmkoperasi.com/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia/

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/202 1/12/20/pemasaran-jadi-kendala-terbesar-bagi-pelaku-usaha-di-masa-pandemi

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/202 1/08/13/kontribusi-umkm-terhadap-ekonomi-terus-meningkat

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Daspar, Ratnaningsih DS, Y. R., Baldah, N., Nur’Aeni, & Rismawati. (2022). PELATIHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI DESA WANGUN HARJA,CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 2(02), 29-33. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/1504