PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI DESA KARAWANG

Authors

  • Dadan Rahmat Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • M. Afnel Givari Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Salsabila Meidita Hermawan Universitas Muhammadiyah Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1506

Abstract

Di era globalisasi yang semakin maju dan teknologi yang semakin canggih, menjadikan semua kegiatan menjadi lebih mudah, terutama dalam menjalankan bisnis. Manfaat yang didapat dengan adanya teknologi digital yaitu dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi kesenjangan ekonomi, meningkatkan literasi, mendorong pemerataan, dan percepatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dimasa pasca pandemi Covid-19. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha di desa karawang adalah masalah pemasaran dan pemahaman dalam menggunakan teknologi digital. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah menggambarkan upaya pengembangan UMKM berbasis digital di desa karawang melalui pelatihan UMKM berbasis digital dan melakukan pendampingan terhadap setiap UMKM yang ada di desa karawang. Metode yang digunakan dalam pengembangan UMKM berbasis digital ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara dan forum group discussion (FGD). Hasil yang diperoleh dari observasi yang dilakukan adalah Perlunya pemahaman dan pengembangan usaha berbasis teknologi digital di desa karawang sehingga dapat bersaing dengan usaha-usaha lain yang bersifat online. Sudah ada beberapa UMKM yang menggunakan teknologi digital seperti melakukan pemasaran lewat media sosial. Namun  ada juga beberapa UMKM yang masih menjalankan usahanya secara offline tanpa bantuan teknologi digital. Dengan adanya pengembangan UMKM berbasis digital yang dilakukan oleh penulis dapat memberikan banyak manfaat kepada pelaku usaha di desa karawang yaitu mendapatkan banyak ilmu tentang teknologi digital dan lain sebagainya.

Kata Kunci: UMKM, Teknologi digital, Digital marketing

References

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, vol 2, no 2, hal 159-170.

Cant, M.C & Wiid, J.A (2016). The use of traditional marketing tools by SMEs in an emerging economy: a South African perspective. Problems and Perspectives in Management, Volume 14, Issue 1, 2016.

Elisa Susanti, 2020, “Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada UMKM Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor”, vol 1, no 2, hal 36-50

Fitriyani, F., & Nugroho, A. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307 - 314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.255

Hanim, Soponyono, maryanto, 2021, “Pengembangan UMKM Digital Di Masa Pandemi Covid-19”, https://academia.edu, di akses 25 agustus 2022

Media, Kompas Cyber, 2021. "Apa Itu UMKM: Pengertian, Kriteria, dan Contohnya Halaman all". https://kompas.com, diakses 25 agustus 2022

Permana, S.H (2017) Strategi Peningkatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Aspirasi Vol. 8 No. 1

Undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang usaha mikro, kecil, dan menengah.

Published

2022-10-30

How to Cite

Rahmat, D. ., Givari, M. A., & Hermawan, S. M. . (2022). PENDAMPINGAN DAN PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS DIGITAL DI DESA KARAWANG. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(02), 34-40. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1506