PENDAMPINGAN WARGA KAMPUNG CIKURBA UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN BERBASIS AIR BERSIH

Authors

  • Listian Indriyani Achmad Universitas Pelita Bangsa
  • Kisanda Midisen Universitas Pelita Bangsa
  • Siti Juariah Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam UPB
  • Sarwo Edy Universitas Pelita Bangsa
  • Mutiara Nurhalisa Jakaria Putri Sasmita Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1611

Abstract

Permasalahan yang dihadapi warga Kampung Cikurba Desa Karangmulya Bojongmangu Kabupaten Bekasi Jawa Barat adalah tidak adanya sarana air bersih. Hal ini berakibat pada menurunnya kualitas hidup mereka. Air bersih diperlukan untuk melakukan semua aktivitas dan sangat penting bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Keterbatasan air bersih menimbulkan masalah-masalah yang pelik. Kegiatan ekonomi berbiaya tinggi yang disebabkan oleh pengeluaran yang cukup besar untuk membeli air diperberat lagi dengan kurangnya air untuk lahan pertanian. Program penyediaan prasarana air bersih dengan memberikan distribusi air bersih menggunakan truk tanki, dan pengadaan sumur artesis diharapkan bisa menjadi solusi untuk permasalahan ini. Beberapa langkah yang dilakukan antara lain: observasi, wawancara mendalam dengan mitra untuk mengetahui permasalahan di lapangan; pengajuan perizinan dengan pemerintah setempat; pengajuan proposal bantuan pembiayaan pada sponsor; dan pengawalan hingga proses konstruksi dilaksanakan dan diselesaikan.

References

Adimalla, N., Vasa, S. K., & Li, P. (2018). Evaluation of groundwater quality, Peddavagu in Central Telangana (PCT), South India: an insight of controlling factors of fluoride enrichment. Modeling Earth Systems and Environment, 4(2), 841-852.

Apriani, S. (2012). ANALISA KANDUNGAN LOGAM BERAT BESI (FE) DAN KROMIUM (CR) PADA SUMUR ARTESIS DAN SUMUR PENDUDUK (CINCIN) DI KELURAHAN REJO SARI KECAMATAN TENAYAN RAYA KOTA PEKANBARU. Photon: Jurnal Sain dan Kesehatan, 3(1), 23-30.

Fr, A. F. U., Handoko, B., & Sa'Diah, H. (2018). Efisiensi Penggunaan Air Irigasi Sumur Pompa Artesis di Lahan Kering Kabupaten Lombok Timur. Ekosains, 10(3).

Gunawan, A., & Nugroho, A. T. (2021). Membangun Kesadaran Spiritual dan Mewujudkan Kekompakan Masyarakat Dengan Menghidupkan Pengajian di Tengah Masyarakat. JURNAL PENGABDIAN PELITA BANGSA, 2(01), 14-17.

LaDue, N. D., Ackerman, J. R., Blaum, D., & Shipley, T. F. (2021). Assessing water literacy: Undergraduate student conceptions of groundwater and surface water flow. Water, 13(5), 622.

Mashadi, I. (2022). PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN HIDUP BERSIH DAN SEHAT DALAM PERSPEKTIF ISLAM. JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Keislaman, 2(1), 11-21.

Solihah, R. (2020). Perencanaan Partisipatif Dalam Program Citarum Harum Di Desa Kutamandiri Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Sumedang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 29-47.

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Achmad, L. I. ., Midisen, K. ., Juariah, S. ., Edy, S. ., & Sasmita, M. N. J. P. . (2022). PENDAMPINGAN WARGA KAMPUNG CIKURBA UNTUK PENINGKATAN KESEJAHTERAAN BERBASIS AIR BERSIH. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(02), 75-80. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i02.1611