Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga Dengan Aplikasi Penjualan Untuk Pelaku UMKM di Desa Jatibaru

Authors

  • Dian Sulistyorini Wulandari Universitas Pelita Bangsa
  • Adibah Yahya Universitas Pelita Bangsa
  • Muhammad Najamuddin Dwi Miharja Universitas Pelita Bangsa
  • Perdana Ricardo Prodi Akuntansi UPB
  • Syifa Aulia Prodi Akuntansi UPB

Keywords:

Pelatihan; Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM); Laporan Keuangan; Aplikasi Penjualan

Abstract

Desa Jatibaru adalah wilayah dengan jumlah melebihi 10 Usaha, Mikro, dan Menengah (UMKM) meskipun sebagian besar bisnis pribadi atau milik keluarga ini akan lebih cocok untuk mulai mencatat transaksi keuangan yang baik, tidak ada standar atau teknik yang mereka gunakan untuk laporan transaksi. Peningkatan umkm juga harus disesuaikan dengan inovasi, Aplikasi penjualan adalah suatu system yang dicipatakan untuk mencatat dan melaporkan transaksi penjualan di setiap periode. Dengan tujuan membantu usaha dari berbagai jenis bidang, Kegiatan pengabdian ini melibatkan mitra ialah masyarakat Desa Jatibaru, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang laporan keuangan dengan menggunakan Aplikasi Penjualan. Dilaksanakan pada tanggal 9 Agustus 2020. Strategi diskusi dan praktik langsung diadopsi dalam pendekatan partisipatif, metode ini memudahkan mitra untuk mengkonsultasikan kesulitannya, namun dalam segi waktu kurang efisien. Efek yang diperoleh dari kegiatan ini mitra dapat memahami pentingnya laporan keuangan, program kerja yang diberi nama “Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga Dengan Aplikasi Penjualan Untuk Pelaku UMKM di Desa Jatibaru” ini dapat berjalan sesuai yang diharapkan mendapatkan respon luar biasa dari aparatur desa dan warga, kepada umkm pelatihan ini dapat diterapkan pada usaha yang dijalankan

References

Dewi, P. K. (2021). penggunaan aplikasi kasir pintar dalam pencatatan keuangan (studi kasus umkm polklahsar wisma fresh).

Hasani, R., & Ainy, R. N. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi UMKM dalam Menyusun Laporan Keuangan Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah (SAK EMKM).

Institute, S. R. (2020). Ringkasan Eksekutif: Dampak Sosial Ekonomi COVID-19 terhadap Rumah Tangga dan Rekomendasi Kebijakan Strategis untuk Indonesia.

Mawardi, M. H. (2020). pengembangan aplikasi kasir online ukm di kota makasar.

Nurrahman, A. (2021). Kewirausahaan Menyusun Laporan Keuangan, 8.

Pintar, K. (2019). Mengembangkan Bisnis Online dengan Modal Pinjaman.

Obtenido de https://kasirpintar.co.id/blog/2019/02/26/mengembangkan-bisnis-online-dengan modal-pinjaman/

Sulistyowati, Y. (2017). Pencatatan Pelaporan Keuangan Umkm (Study Kasus di Kota Malang). Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi.

Widiastoeti, Hendy, & Sari., C. A. (2020). Penerapan Laporan Keuangan Berbasis Sakemkm Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pada UMKM Kampung Kue di Rungkut Surabaya. Jurnal Ekbis, 21(1), 1-15.

Widiawati. (2021). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Menyusun Laporan Keuangan, 9.

Wirajaya, Y. A. (2018). Usability Evaluation Kasir Pintar Mobile Apps Based On Iso/Iec 9126 And Nielsen Model Using Usability Testing Method.

Yulia, E. S. (2019). pembinaan peningkatan keterampilan menggunakan aplikasi kasir pintar berbasis android

Downloads

Published

2020-10-31

How to Cite

Wulandari, D. S. ., Yahya, A. ., Miharja, M. N. D. ., Ricardo, P. ., & Aulia, S. . (2020). Digitalisasi Pencatatan Penjualan Industri Rumah Tangga Dengan Aplikasi Penjualan Untuk Pelaku UMKM di Desa Jatibaru. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 1(02), 85-91. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/2394