PELATIHAN DIGITALISASI PEMASARAN PRODUK DAN IMPLEMENTASI SISTEM BELANJAUKM BERBASIS ANDROID UNTUK UMKM BINAAN OKE OCE MELAWAI
Keywords:
Pemasaran Online, UMKM, Belanjaukm.comAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan tujuan agar pelaku UMKM di OKE OCE dapat memahami dan mempraktikkan pemasaran secara online produk olahan pangan yang mereka hasilkan untuk meningkatkan penghasilan rumah tangga. Pelatihan pemasaran online ini diikuti oleh 250 peserta yang terdiri atas pelaku UMKM dan masyarakat lainnya yang memiliki ketertarikan dengan pemasaran online. Pelatihan dilakukan dengan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang pemasaran online khususnya melalui media belanjaukm.com yang kemudian dilanjutkan dengan eksplorasi dan praktik pemasaran online melalui media dan aplikasi tersebut. Output yang dihasilkan yaitu peserta pelatihan memiliki akun pada aplikasi belanjaukm yang dapat didownload di playstore dan mulai melakukan pengisian konten untuk promosi dan penjualan produk UMKM mereka
References
Afiah, Nunuy Nur (2009). Beberapa Peran Kewirausahaan dalam Mengatasi tantangan di UMKM.
Assauri, Sofjan. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.
Chaffey, D & Smith, P.R (2018). e-Marketing Excellence : Planning and optimizing your digital marketing. USA : Elsevier.
Dewi, N. N. K. A., & Warmika, I. G. K. (2017). Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, Dan Wom Communication Terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. E-Jurnal Manajemen Udayana, 6(10), 5580–5606.
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 213–220. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.1088
Handajani, L., Akram, Furkan, Rifa’i (2019). Penggunaan Pemasaran Digital Pada Usaha Home Industry Kopi Lombok. Jurnal Abdi Insani LPPM Unram.
Hapsoro BB, Palupiningdyah, Slamet A. 2019. Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Abdimas 23 (2).
Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil. JIBEKA, 11(2).
Suryani I. 2014. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal Komunikasi, 8 (2), 123- 138.
Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015.
Yasmin A, Tasneem S, Fatema K. 2015. Effectiveness of Digital Marketing in the Challenging Age: An Empirical Study. International Journal of Management Science and Business Administration, 1 (5), 69-80.