Sosialisasi Manajemen Pengelolaan Sarana Prasarana Pondok Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.37366/jabmas.v4i2.3951Keywords:
Sarana Prasarana; PesantrenAbstract
Sarana dan prasarana pendidikan itu dalam lembaga pendidikan Islam sebaiknya dikelola dengan sebaik mungkin dengan mengikuti kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut (1) Lengkap, siap dipakai setiap saat, kuat dan awet (2) Rapi, indah, bersih, anggun, dan asri sehingga menyejukkan pandangan dan perasaan siapa pun yang memasuki komplek lembaga pendidikan Islam (3) Kreatif, inovatif, responsif dan bervariasi sehingga dapat merangsang timbulnya imajinasi peserta didik (4) Memiliki jangkauan waktu yang panjang melalui perencanaan yang matang untuk menghindari kecenderungan bongkar pasang bangunan (5) Memiliki tempat khusus untuk beribadah maupun pelaksanaan kegiatan sosio-religius seperti mushalla atau masjid. Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di Pondok Pesantren yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Kegiatan ini dilakukan melalui sosialisasi kepada Pimpinan Pondok Pesantren mengenai standar mutu sarana prasarana pondok pesantren
References
Ferdinan. (2018). Pondok Pesantren, Ciri Khas Perkembangannya. Jurnal Tarbawi, 53(9), 13.
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital di Era Pembelajaran Abad 21. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 213–220. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v2i3.1088
Lugina, U. (2018). Pengembangan Ekonomi Pondok Pesantren Di Jawa Barat. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March), 53–64. https://doi.org/10.5281/zenodo.3552005
Mukodi. (2013). Tradisionalisme Pesantren di Tengah Arus Perubahan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 789–852.
Purnamasari, N. I. (2016). Konstruksi Sistem Pendidikan Pesantren Tradisional di Era Global: Paradoks dan Relevansi. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 6(2), 73–91.
Rambe, S. (2016). Perkembangan Pesantren Dari Tradisional Ke Modern. Jurnal At-Takfir, 9(1), 52–67.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.