STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS EKONOMI SYARIAH DI KOTA BANDUNG: PELUANG DAN TANTANGAN

Authors

  • Yus Hermansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Rona Aji Oktario Royani Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Raga Bimantara Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Hasanudin Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Silfani Devi Nastia Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Dedi Pardiansyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v4i01.4900

Keywords:

Edukasi, Ekonomi Syariah, Strategi, Usaha

Abstract

Usaha berbasis syariah harus bersaing dengan usaha konvensional yang mungkin sudah lebih mapan dan memiliki pangsa pasar yang besar. Bank syariah, asuransi syariah, dan lembaga keuangan mikro syariah memainkan peran penting dalam mendukung pengembangan usaha berbasis syariah. Tujuan pengabdian ini ialah memberikan strategi pengembangan usaha berbasis ekonomi syariah di Kota Bandung yang meluputi peluang dan tantangan. Metode pengabdian yang dilakukan ialah penyuluhan kepada para pelaku usaha. Hasil pengabdian menunjukan, kemajuan teknologi membuka peluang untuk inovasi dalam produk dan layanan syariah, meningkatkan efisiensi dan daya saing. Edukasi yang lebih intensif diperlukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan pelaku usaha tentang prinsip-prinsip ekonomi syariah. Regulasi yang rumit dan kurang konsisten dapat menghambat pelaku usaha dalam memenuhi standar syariah. Akses ke pembiayaan syariah masih terbatas, terutama bagi usaha kecil dan menengah, yang membutuhkan dukungan keuangan yang lebih luas. Usaha syariah harus bersaing dengan usaha konvensional yang lebih mapan dan memiliki pangsa pasar yang besar. Dengan mengimplementasikan strategi-strategi ini, usaha berbasis ekonomi syariah di Kota Bandung dapat tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan, menghadapi tantangan dengan lebih baik, dan memanfaatkan peluang yang ada untuk kesejahteraan bersama

References

Arifin, M., Aulia, R., & Azizah, N. (2022). Analisis Strategi Pengembangan Dalam Persaingan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Aceh. JIMEBIS, 3(2), 24–38.

Febrianto, A., Azizi, M., Bahri, M., Subaidi, B., & ... (2021). PKM Edukasi Prinsip-Prinsip Ekonomi Syariah dalam Membentuk Santri Entrepreneurship. GUYUB: Journal of …, Query date: 2023-05-08 10:04:27. https://scholar.archive.org/work/6a2l7tt56ng5vgdnyspz6i5wl4/access/wayback/https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/guyub/article/download/2363/pdf

Helmi, I. ., Subiyono , S. ., Badruzaman , D. ., Nastia, S. D. ., & Pardiansyah, D. . (2022). EDUKASI TENTANG ASPEK HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA BANDUNG. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(01), 74-78. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i01.4899

Heriyanto , I., Handayana , R. I. S., Yudiyanto, M., Cahyani, W. S., & Revani, R. . (2022). PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BERBASIS EKONOMI SYARIAH: PENDEKATAN PRAKTIS DAN IMPLEMENTASI. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(01), 67-73. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i01.4898

Kusuma, H., & Asmoro, W. K. (2020). Perkembangan Financial Technologi (FINTECH) Berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam. Istithmar : Jurnal Studi Ekonomi Syariah, 4(2), 142–163. https://doi.org/10.30762/istithmar.v4i2.14

Mansyurah, F. A. (2019). Peluang Dan Tantangan Bisnis Hotel Syariah Pada Masyarakat Kosmopolitan. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 9(2), 91. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v9i2.2511

Mashuri, M., & Nurjannah, D. (2020). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1), 97–112. https://doi.org/10.46367/jps.v1i1.205

Rimet, R. (2019). Strategi Pengembangan Wisata Syariah di Sumatera Barat: Analisis Swot (Strength, Weakness, Opportunity, Threath. Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 2(1), 50–61. https://doi.org/10.25299/syarikat.2019.vol2(1).3702

Rusydiana, A. S., & Firmansyah, I. (2018). Strategi Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro Syariah Di Indonesia: Pendekatan Matriks Ifas Efas. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1).

Sayekti, N. W. (2019). Strategi Pengembangan Pariwisata Halal Di Indonesia. Kajian, 24(3), 159–171.

Sirajuddin, M. (2014). Pengembangan Strategi Dakwah Melalui Media Internet (Peluang Dan Tantangan). Al-Irsyad Al-Nafs: Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 1(1), 1–13.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Tanjung, A., & Panggabean, S. A. (2022). Peluang Wisata Halal Terhadap Pengembangan Ekonomi Islam. jesya, 5(2), 1470–1478. https://doi.org/10.36778/jesya.v5i2.754

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Hermansyah, Y. ., Royani, R. A. O. ., Bimantara, R. ., Hasanudin, H., Nastia, S. D. ., & Pardiansyah, D. . (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BERBASIS EKONOMI SYARIAH DI KOTA BANDUNG: PELUANG DAN TANTANGAN. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 4(01), 39-45. https://doi.org/10.37366/jabmas.v4i01.4900