Inovasi Dan Kreativitas Dalam Bisnis Syariah

Authors

  • Djenal Suhara Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Iwan Setiawan Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Nurul Adilatul Muharomah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Desi Nurfitria Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung
  • Afifah Fauziah Sekolah Tinggi Agama Islam Sabili Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v4i2.4903

Keywords:

Bisnis, Ekonomi Syariah, Inovasi, Kreativitas

Abstract

Kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang produk-produk keuangan syariah dapat menjadi hambatan. Oleh karena itu, inovasi dalam edukasi dan pemasaran diperlukan untuk meningkatkan kesadaran dan penerimaan masyarakat terhadap produk syariah. Tujuan pengabdian ini ialah memberikan penyuluhan inovasi dan kreativitas dalam bisnis syariah. Metode pengabdian yang digunakan adalah penyuluhan. Hasil pengabdian menunjukkan, inovasi tidak hanya memungkinkan perusahaan untuk bertahan dalam persaingan yang ketat, tetapi juga menjadi pendorong pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Dengan menciptakan solusi yang inovatif, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan pasar yang terus berubah dan meningkatkan efisiensi operasional mereka. Tantangan utama dalam mengimplementasikan inovasi adalah memastikan kesesuaian dengan prinsip-prinsip syariah yang ketat. Perusahaan perlu memastikan bahwa setiap langkah inovatif mereka tidak bertentangan dengan nilai-nilai etika dan moral dalam Islam. Kolaborasi antara perusahaan, akademisi, lembaga keuangan, dan pemerintah menjadi kunci keberhasilan dalam mengembangkan inovasi. Sinergi ini dapat meningkatkan potensi inovatif dan mempercepat adopsi solusi-solusi baru di pasar. Inovasi dan kreativitas bukan hanya merupakan faktor diferensiasi untuk perusahaan syariah, tetapi juga merupakan kunci untuk membangun fondasi yang kokoh dalam menghadapi masa depan yang dinamis dan kompleks

References

Abdul Rahman, F., & Naula Oktaviani, R. (2022). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Syariah Pada Industri Kecil Dan Menengah Dalam Mendapatkan Pembiayaan Dari Perbankan Syariah. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 5(1), 108–121. https://doi.org/10.25299/jtb.2022.vol5(1).8864

Al Farisi, M. S., Ajriyansyah, A., Purwanto, A., & Triyana. (2021). Pelatihan Pemasaran Syariah Berbasis Digital bagi Pelaku UMKM di Kelurahan MekarsariCileungsi. Jurnal Pengabdian Bina Mandiri, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.51805/jpmm.v1i1.1

Asri, K. H., & Rahmat, F. M. (2022). Digitalization of Islamic Banking in the VUCA Era. ALIF, 1(1), 27–36. https://doi.org/10.37010/alif.v1i1.711

Atikah, N., & Sayudin, S. (2024). Analysis of the Development of the Sharia Capital Market: Challenges and Opportunities in Sharia Principle-Based Investment. Jurnal Inovasi Global, 2(1), 204–213. https://doi.org/10.58344/jig.v2i1.54

Aziz, M. A., & Mustafar, M. (2021). Islamic Digital Banking In The Light Of Maqasid Shariah: A Review Of Literatures: Perbankan Digital Islam Berasaskan Maqasid Syariah: Kajian Literatur. al-Qanatir: International Journal of …, Query date: 2023-08-11 10:18:32. http://al-qanatir.com/aq/article/view/358

Helmi, I. ., Subiyono , S. ., Badruzaman , D. ., Nastia, S. D. ., & Pardiansyah, D. . (2022). EDUKASI TENTANG ASPEK HUKUM EKONOMI SYARIAH DALAM USAHA KECIL MENENGAH DI KOTA BANDUNG. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(01), 74-78. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i01.4899

Heriyanto , I., Handayana , R. I. S., Yudiyanto, M., Cahyani, W. S., & Revani, R. . (2022). PENGELOLAAN KEUANGAN KELUARGA BERBASIS EKONOMI SYARIAH: PENDEKATAN PRAKTIS DAN IMPLEMENTASI. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 3(01), 67-73. https://doi.org/10.37366/jabmas.v3i01.4898

Istifadhoh, N., Billah, Z. I., & Mufidah, H. (2021). Analisis Maqashid Syariah Pada Koperasi Produsen Syariah Industri Kreatif Di Bojonegoro. Jurnal Ekonomika, 10(2), 284–298.

Latifah, E., Sukma, D., & Arifiatin, N. (2022). Kontribusi Institusi Keuangan Mikro Syariah dan Ekonomi Kreatif dalam Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi. Indonesian Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1), 13–26. https://doi.org/10.37680/ijief.v2i1.1495

Nasution, R. U. (2022). Strategi Memulai Bisnis Baru dalam Berwirausaha. JURNAL SYNTAX IMPERATIF : Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(3), 163. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v3i3.164

Nizar, M. (2016). Proses Entrepreneurship, Kolaborasi Inovasi, Penciptaan Kekayaan Di Dalam Organisasi Bisnis (Studi Mikro Bank Syari’ah Universitas Yudharta Purwosari Pasuruan). Istiqro’ : Jurnal Hukum Islam, Ekonomi dan Bisnis, 2(3), 91–103.

Wahyuningsih, S., & Satriani, D. (2019). Pendekatan Ekonomi Kreatif Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus Di Desa Pedekik). IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 195–205.

Yozika, F. A., & Khalifah, N. (2017). Pengembangan Inovasi Produk Keuangan Dan Perbankan Syariah Dalam Mempertahankan Dan Meningkatkan Kepuasan Nasabah. JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 1(02). https://doi.org/10.29040/jie.v1i02.154

Yuliani, T., Izmuddin, L., & Putri, A. (2020). Pengaruh Inovasi Dan Kreativitas Produk Terhadap Ketahanan Ekonomi Masyarakat Pada Industri Kerajinan Kapuk. EKONOMIKA SYARIAH : Journal of Economic Studies, 4(1), 90. https://doi.org/10.30983/es.v4i1.2074

Downloads

Published

2023-10-31

How to Cite

Suhara, D. ., Setiawan, I. ., Muharomah, N. A. ., Nurfitria, D. ., & Fauziah, A. . (2023). Inovasi Dan Kreativitas Dalam Bisnis Syariah. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 4(2), 38-43. https://doi.org/10.37366/jabmas.v4i2.4903