Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah-sekolah Islam
DOI:
https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.5142Keywords:
Kurikulum Pendidikan Islam, Kearifan Lokal, Sekolah Islam, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan Berbasis Budaya.Abstract
Kurikulum pendidikan Islam memiliki peran penting dalam membentuk generasi yang berakhlak dan berpengetahuan. Dalam upaya meningkatkan relevansi dan kualitas pendidikan, pengembangan kurikulum yang berbasis kearifan lokal menjadi salah satu strategi yang potensial. Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pendidikan Islam yang berbasis kearifan lokal di sekolah-sekolah Islam. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan, lokakarya, serta pendampingan kepada para guru dan kepala sekolah dalam merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang relevan dengan budaya lokal di Sekolah-sekolah Islam di Maleer Kota Bandung. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap ajaran Islam sekaligus memperkuat identitas budaya lokal, sehingga menciptakan harmoni antara agama dan kebudayaan. Selain itu, program ini juga berkontribusi dalam peningkatan kapasitas guru dalam menyusun dan menerapkan kurikulum yang adaptif dan kontekstual.
References
Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60. https://doi.org/10.24256/iqro.v6i1.4017
Asli, N. (2024). Desain Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SD Ditinjau Dari Faktor Teknologi. Jurnal Pendidikan Tematik, 5(1).
Asrori, A. (2016). Rekonstruksi Dan Reposisi Pendidikan Islam Di Indonesia Berbasis Pendekatan Pendidikan Multikultural. Akademika, 21(01).
Fauzian, R., Ramdani, P., & Yudiyanto, M. (2021). PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM UPAYA MEMBENTUK SIKAP MODERAT SISWA MADRASAH. Al-Wijdan, 6(1), 1–14.
Fikri, A. (2019). Pengaruh Globalisasi dan Era Disrupsi terhadap Pendidikan dan Nilai-Nilai Keislaman. Sukma: Jurnal Pendidikan, 3(1), 117–136. https://doi.org/10.32533/03106.2019
Fikri, M. A. (2024). Pendidikan Islam dan Pembentukan Identitas Muslim di Era Globalisasi. Sasana: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 149–156. https://doi.org/10.56854/sasana.v3i1.382
Iswatiningsih, D. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis NilaiNilai Kearifan Lokal di Sekolah. Satwika (Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial), 3(2), 155–164.
Khotimah, K. (2023). Rekontruksi Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai-Nilai Islam Nusantara. 1(1).
Mundofi, A. A. (2024). Pengembangan Kurikulum Ismuba Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Muhammadiyah. Jurnal Studi Islam dan Kemuhammadiyahan, 4(1), 65–75.
Romlah, S., & Rusdi, R. (2023). Pendidikan Agama Islam Sebagai Pilar Pembentukan Moral Dan Etika. Al-Ibrah : Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 8(1), 67–85. https://doi.org/10.61815/alibrah.v8i1.249
Saputri, R. Y. (2020). Implementasi Landasan Sosiologis Dalam Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Keagamaan Di SMAN 1 Pleret Bantul. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 3(2). https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.696
Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 1–13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pelitabangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.