Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru-guru Pendidikan Agama Islam Melalui Workshop Metode Pembelajaran Aktif
DOI:
https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.5143Keywords:
Keterampilan, Pembelajaran Aktif, WorkshopAbstract
Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui workshop metode pembelajaran aktif. Metode pembelajaran aktif dipilih karena mampu meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini melibatkan sejumlah guru PAI dari berbagai sekolah di wilayah [nama wilayah]. Melalui workshop ini, para guru diberikan pelatihan intensif mengenai berbagai teknik dan strategi pembelajaran aktif yang dapat diterapkan dalam kelas. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru untuk merancang dan mengimplementasikan metode pembelajaran aktif. Diharapkan, peningkatan keterampilan ini akan berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran PAI dan meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Abrar, A. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Peserta Didik di SMP Integral Rahmatullah Toli-Toli. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), Query date: 2023-07-04 15:14:31. https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjss/article/view/565
Asfiyah, S. (2021). Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. QUALITY, 9(1), 103. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136
Dacholfany, M. I., Azis, A. A., Mardiati, Zulhayana, S., Ahmad, R., Bay, W., & Mokodenseho, S. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Program Pelatihan dan Bimbingan Studi. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 129–141. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.121
Darmawi, D. (2021). Implementasi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. Jurnal Literasiologi, 7(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.281
Jayadi, B. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Workshop Analisis Hasil Ulangan Harian Berbasis Komputer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Khairiyah, N., Salsabilla, K., Siregar, P. A., Zachri, Z., & Sembiring, K. A. B. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i1.6230
Khairunnisa, K., & Sungkono, S. (2023). Pengaruh pelatihan dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 2 Cikampek: In. … Studies and Entrepreneurship Journal …, Query date: 2023-12-18 09:34:25. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/2831
Mawardi, I., Baihaqi, A., & Widaryanto, R. (2018). Pemberdayaan Guru dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran Aktif Berkarakter Islam Rahmatan Lil’alamin. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 89. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.275
Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Pada MTsN 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826
Napitupulu, R. H. M., Yanti, E. R., Aulawi, H., Anggraeny, P. N., & Kurniawan, D. (2022). Pelatihan Pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.658
Zulkarnaini, I. (2022). Penggunaan Media Interaktif untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Santri di Balai Pengajian Nurul Hidayah Al-Hanafiah Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement …, Query date: 2023-07-18 09:18:29. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ajce/article/view/1399
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pengabdian Pelitabangsa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.