Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru-guru Pendidikan Agama Islam Melalui Workshop Metode Pembelajaran Aktif

Authors

  • Djenal Suhara STAI Sabili Bandung
  • Iis Suryatini STAI Sabili Bandung
  • Mohamad Yudiyanto STAI Sabili Bandung
  • Elly Kusmiati STAI Sabili Bandung
  • Imam Zainuri STAI Sabili Bandung
  • Abdul Wahab STAI Sabili Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.5143

Keywords:

Keterampilan, Pembelajaran Aktif, Workshop

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru-guru Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui workshop metode pembelajaran aktif. Metode pembelajaran aktif dipilih karena mampu meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini melibatkan sejumlah guru PAI dari berbagai sekolah di wilayah [nama wilayah]. Melalui workshop ini, para guru diberikan pelatihan intensif mengenai berbagai teknik dan strategi pembelajaran aktif yang dapat diterapkan dalam kelas. Hasil dari kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan guru untuk merancang dan mengimplementasikan metode pembelajaran aktif. Diharapkan, peningkatan keterampilan ini akan berdampak positif terhadap kualitas pembelajaran PAI dan meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Abrar, A. (2022). Kompetensi Kepribadian Guru PAI Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Peserta Didik di SMP Integral Rahmatullah Toli-Toli. Formosa Journal of Social Sciences (FJSS), Query date: 2023-07-04 15:14:31. https://journal.formosapublisher.org/index.php/fjss/article/view/565

Asfiyah, S. (2021). Penilaian Berbasis High Order Thinking Skills dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. QUALITY, 9(1), 103. https://doi.org/10.21043/quality.v9i1.10136

Dacholfany, M. I., Azis, A. A., Mardiati, Zulhayana, S., Ahmad, R., Bay, W., & Mokodenseho, S. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Program Pelatihan dan Bimbingan Studi. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 129–141. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.121

Darmawi, D. (2021). Implementasi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah. Jurnal Literasiologi, 7(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.281

Jayadi, B. (2022). Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Melalui Workshop Analisis Hasil Ulangan Harian Berbasis Komputer. Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Khairiyah, N., Salsabilla, K., Siregar, P. A., Zachri, Z., & Sembiring, K. A. B. (2024). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah Dasar. Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.59024/bhinneka.v2i1.6230

Khairunnisa, K., & Sungkono, S. (2023). Pengaruh pelatihan dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 2 Cikampek: In. … Studies and Entrepreneurship Journal …, Query date: 2023-12-18 09:34:25. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/2831

Mawardi, I., Baihaqi, A., & Widaryanto, R. (2018). Pemberdayaan Guru dalam Mengembangkan Metode Pembelajaran Aktif Berkarakter Islam Rahmatan Lil’alamin. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(2), 89. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.275

Mulyani, N. (2019). Pengembangan Profesionalisme Guru Pada MTsN 1 Serang Melalui Peningkatan Kompetensi Profesional Dan Pedagogik. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(01), 87. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i01.1826

Napitupulu, R. H. M., Yanti, E. R., Aulawi, H., Anggraeny, P. N., & Kurniawan, D. (2022). Pelatihan Pembelajaran Sejarah Islam Menggunakan Augmented Reality. Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM), 3(1), 1–9. https://doi.org/10.36914/jkum.v3i1.658

Zulkarnaini, I. (2022). Penggunaan Media Interaktif untuk Pengenalan Huruf Hijaiyah Pada Santri di Balai Pengajian Nurul Hidayah Al-Hanafiah Bireuen. Aceh Journal of Community Engagement …, Query date: 2023-07-18 09:18:29. http://journal.umuslim.ac.id/index.php/ajce/article/view/1399

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Suhara, D. ., Suryatini, I. ., Yudiyanto, M. ., Kusmiati, E. ., Zainuri, I. ., & Wahab, A. . (2024). Peningkatan Keterampilan Mengajar Guru-guru Pendidikan Agama Islam Melalui Workshop Metode Pembelajaran Aktif . Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 5(01), 43-47. https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.5143