Pengembangan Program Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial di Kalangan Remaja

Authors

  • Zaenal Mukarom UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rohman Heryana STAI Sabili Bandung
  • Laesti Nurishlah STAI Sabili Bandung
  • Rina Saldianasari STAI Sabili Bandung
  • Ali Bustom STAI Sabili Bandung
  • Mochammad Ramdan Samadi STAI Sabili Bandung

DOI:

https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.5144

Keywords:

kepedulian sosial, pendidikan Islam, remaja, pengabdian masyarakat, nilai-nilai Islam.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan program pendidikan Islam yang dapat meningkatkan kepedulian sosial di kalangan remaja. Kepedulian sosial di antara generasi muda merupakan aspek penting dalam membentuk masyarakat yang harmonis dan peduli terhadap sesama. Melalui pendekatan pembelajaran yang berfokus pada nilai-nilai Islam seperti kasih sayang, gotong royong, dan keadilan, program ini diharapkan dapat membangkitkan semangat kepedulian sosial di kalangan remaja. Metode yang digunakan meliputi diskusi kelompok, kegiatan amal, dan simulasi praktik sosial. Program ini melibatkan remaja dari berbagai sekolah menengah di wilayah Batununggal Kota Bandung, yang diberikan pelatihan intensif selama satu bulan. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan implementasi nilai-nilai kepedulian sosial di kalangan peserta, yang diukur melalui survei dan observasi lapangan. Kesimpulannya, program ini berhasil memberikan kontribusi positif dalam menumbuhkan kesadaran sosial di kalangan remaja, serta memiliki potensi untuk diimplementasikan secara lebih luas di berbagai daerah lainnya.

References

Aeni, A., & Muhtar, T. (2017). Nilai-Nilai Kesholehan Sosial pada Mata Kuliah Pembelajaran dan Aktivitas Senam Ritmik II dan Implikasinya terhadap Pendidikan Jasmani di SD. Indonesian Journal of Primary Education, Query date: 2023-03-28 10:05:16. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/9310

Ahdar, A., & Musyarif, M. (2022). Urgensi Pendidikan Karakter dalam Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja. AL MA’ARIEF : Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 4(2), 86–91. https://doi.org/10.35905/almaarief.v4i2.3667

Ahimsa-Putra, H. (2015). Kebhinnekaan budaya sebagai modal merespons globalisasi. Literasi: Indonesian Journal of Humanities, Query date: 2023-09-14 02:58:24. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/LIT/article/view/6268

Arung Triantoro, D. (2019). Konflik Sosial dalam Komunitas Virtual di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi, 13(2), 135–150. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol13.iss2.art2

Aziz, A. (2005). Pendidikan Agama dalam Keluarga: Tantangan Era Globalisasi. Himmah: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 6(15), 74.

Dacholfany, M. I. (2015). Reformasi Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Era Globalisasi. Akademika, 20(01).

Dacholfany, M. I., Azis, A. A., Mardiati, Zulhayana, S., Ahmad, R., Bay, W., & Mokodenseho, S. (2023). Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat Melalui Program Pelatihan dan Bimbingan Studi. Easta Journal of Innovative Community Services, 1(03), 129–141. https://doi.org/10.58812/ejincs.v1i03.121

Fauzian, R., & Fauzi, M. G. (2018). Isu-isu Kontemporer PAI. Deepublish.

Firdaus, M. A., & Fauzian, R. (2020). Pendidikan Akhlak Karimah Berbasis Kultur Pesantren. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 136–151.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182

Hurri, I., & Widiyanto, R. (2018). PEMBELAJARAN IPS BERBASIS NILAI KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SMP. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v2i1.18338

Khairunnisa, K., & Sungkono, S. (2023). Pengaruh pelatihan dan Kompetensi Guru terhadap Kinerja Guru SMK Muhammadiyah 2 Cikampek: In. … Studies and Entrepreneurship Journal …, Query date: 2023-12-18 09:34:25. https://yrpipku.com/journal/index.php/msej/article/view/2831

Susanti, S. S. (2018). Kesehatan Mental Remaja Dalam Perspektif Pendidikan Islam. As-Salam I, 7(1), 1–20.

Zulaiha, S., Sagiman, S., & Mutia, M. (2019). Edukasi Literasi Informasi Bagi Anak dan Remaja Untuk Meminimalisir Penyalahgunaan Media Jejaring Sosial. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 15(2), 116–125.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Mukarom, Z. ., Heryana, R. ., Nurishlah, L. ., Saldianasari, R. ., Bustom, A. ., & Samadi, M. R. . (2024). Pengembangan Program Pendidikan Islam untuk Meningkatkan Kepedulian Sosial di Kalangan Remaja . Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 5(01), 48-53. https://doi.org/10.37366/jabmas.v5i01.5144