SOSIALISASI PEMBUATAN SABUN CAIR PENCUCI TANGAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA JATIREJA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Nisa Nurhidayanti Universitas Pelita Bangsa
  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Jatireja, sabun cuci tangan, pencegahan, COVID-19

Abstract

Salah satu desa di Kabupaten Bekasi yang penduduknya telah terpapar COVID-19 adalah Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Kasus positif Covid-19 di Desa Jatireja Cikarang Timur tertinggi di Kabupaten Bekasi pada bulan Desember 2020. Tim pengabdi yang terdiri dari dosen dan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) dari Universitas Pelita Bangsa berinisiatif untuk memberikan sosialisasi pembuatan sabun cuci tangan secara mandiri sebagai upaya pencegahan COVID-19 di Desa Jatireja Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengedukasi masyarakat di desa Jatireja agar dapat meningkatkan keterampilan dalam membuat sabun cuci tangan dengan harga yang terjangkau sehingga dapat membantu meringankan warga pada saat ekonomi sulit di masa pandemi COVID-19. Kegiatan PkM ini melalui 7 (Tujuh) tahapan yang meliputi Survey pendahuluan; Identifikasi calon penerima manfaat; Tahap Uji Coba Sabun; Sosialisasi; Pelatihan keterampilan Pembuatan Sabun; Penyerahan produk sabun dan jerigen tempat cuci tangan secara simbolis dan Evaluasi. Sabun cuci tangan cair yang dihasilkan dari pengabdian ini berwarna putih susu dan  berbau harum, apabila dipakai tidak menyebabkan kasar di tangan. Kegiatan sosialisasi PkM ini telah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pencegahan COVID-19 dan salah satu upaya pencegahannya dengan mencuci tangan dengan sabun secara benar. Kegiatan pelatihan pembuatan sabun cuci tangan ini telah meningkatkan keterampilan masyarakat khususnya peserta kegiatan ditengah pandemi Covid-19.

References

Akim M. (2013). Efektivitas Hand Sanitizer Dibanding Mencuci Tangan Memakai Sabun dalam Menjaga Kebersihan Tangan pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2012. Skripsi diterbitkan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Chaudhary, N.K., Chaudhary, N., Dahal, M., Guragain, B., Rai, S., Chaudhary, R.,.(2020). Fighting the SARS CoV-2 (COVID-19) Pandemic with Soap. Preprints 2020, 2020050060
Ganda-Putra, G.P., Wartini, N.M., Wrasiati, L.P. dan Yoga, I.W.G.S. (2017). Penerapan teknologi pembuatan sabun aroma terapi dari minyak kelapa pada KET “Wiguna Mekar” Di Desa Angkah Kecamatan Selemadeg Barat Kabupaten Tabanan. Buletin Udayana Mengabdi. 16 (3), 385-390.
http://bekasikab.go.id/berita/3275/kasus-aktif-covid19-jatireja-dan-jayamukti-tertinggi-di-kabupaten-bekasi. Diakses pada 5 Februari 2021.
https://pikokabsi.bekasikab.go.id/. Diakses pada 5 Februari 2021.
Kusumayanti,H., Paramita,V., Wahyuningsih, Amalia,R., Siregar, V.D., Pudiastuningtyas, N. (2018). Pelatihan dan praktek pembuatan sabun cuci tangan cair di PKK Tembalang Pesona Asri. Gema Teknologi, 20(1), 24-25.
Makhroji, Hasby, Nursamsu. (2020). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan Cair untuk Pencegahan Penularan COVID-19 di Desa Matang Teupah. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 29-38.
Marjanah, Indriaty, Setyoko. (2019). Wirausaha Kreatif Pembuatan Sabun Cair Aroma Terapi Bagi Masyarakat di Birem Rayeuk Aceh Timur. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 3(2).
SNI, 2017. SNI 2588-2017. Standar Mutu Sabun Cair Pembersih Tangan, Badan Standarisasi Nasional, Jakarta.

Published

2020-10-24

How to Cite

Nurhidayanti, N., & Huda, M. (2020). SOSIALISASI PEMBUATAN SABUN CAIR PENCUCI TANGAN SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID-19 DI DESA JATIREJA KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 1(02), 66-72. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/767