PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA PERTANIAN SEBAGAI EKONOMI KREATIF MASYARAKAT DI WILAYAH KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Muhammad Syahwildan Universitas Pelita Bangsa
  • Irma Damayanti Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

ekonomi kreatif, wisata desa, pertanian

Abstract

Jurnal ini menguraikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat berupa seminar online nasional mengenai wisata desa sebagai ekonomi kreatif masyarakat. Kegiatan ini dilatar belakangi oleh ketidaksadaran masyarakat akan potensi-potensi yang dimiliki oleh desanya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membuka pola pikir masyarakat setempat bahwa Desa Karangmukti memiliki objek wisata pertanian yang memiliki peluang besar jika dikembangkan dengan serius. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan seminar online terkait wisata desa sebagai ekonomi kreatif masyarakat. Dengan penyelenggaraan seminar online tersebut, masyarakat diharapkkan lebih memperhatikan peluang-peluang yang ada di desa Karangmukti dan dapat tergerak untuk mengembangkan wisata desa sebagai salah satu objek yang dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. Hasil yang didapatkan dari kegiatan tersebut adalah telah terjalinnya komunikasi antar pihak stakeholder terkait. Untuk tahap selanjutnya, pihak pemerintah desa dan masyarakat diharapkan dapat menindaklanjuti komunikasi yang sudah terjalin untuk dapat mengembangkan wisata pertanian wilayah tersebut.

References

Aida, E. N., Boedirochminarni, A., & Nuraini, I. (2017). Analisis Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Agrowisata Belimbing Karangsari Kota Blitar. Jurnal Ilmu Ekonomi, 282 – 296.
Ali, M., Man, N., Latif, I. A., Mellisa, F., & Umar, S. Z. (2018). The Use of Information and Communication Technologies in Agricultural Risk Management by The Agricultural Extension Services in Malaysia. International Journal of Agriculture, Environment, and Food Sciences, 29-35.
Andini, N. (2013). PENGORGANISASIAN KOMUNITAS DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA DI DESA WISATA STUDI KASUS: DESA WISATA KEMBANGARUM, KABUPATEN SLEMAN. Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota, Vol. 24 No. 3, 173-188.
Budiarti, T., Suwarto, & Muflikhati, I. (2013). Pengembangan Agrowisata Berbasis Masyarakat pada Usaha Tani Terpadu Guna Meningkatkan Kesejahteraan Petani dan Keberlanjutan Sistem Pertanian . Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia (JIPI), 200-207.
Hanida, I.-I., Mulyono, A. T., Moody, S. D., Aprilani, R. D., & Setiasih, I. S. (2018). PEMBERDAYAAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI PESISIR PANTAI CIMALAYA – SUBANG JAWA BARAT. Jurnal Agribisnis dan Sosial Ekonomi Pertanian UNPAD, 492-496.
Komariah, N., Saepudin, E., & Yusup, P. M. (2018). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal. JURNAL PARIWISATA PESONA Volume 03 No 2, 158-174.
Muin, F. (2014). Otonomi daerah dalam perspektif pembagian urusan pemerintah-pemerintah daerah dan keuangan daerah. Fiat Justisia, 8(1), 69-79.
Mustaqim, M. (2018). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DESA (Studi Atas Pengembangan Ekowisata Cengklik, Blora). Jurnal Perspektif, 267-283.
Pradana, H. A. (2018). Peranan Sektor Ekonomi Kreatif pada Pertumbuhan Ekonomi dan Ketenagakerjaan di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 9-17.
Pratiwi, R. N., Gunawan, & Fangohoi, L. (2020). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF PEMUDA KARANG TARUNA BERBASIS AGROWISATA DI DESA TAWANGARGO. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 554-560.
Purwaningsih, E. (2020). PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DESA WISATA CANDIREJO. Jantra Vol. V, No. 9, 783-792.
Ridwan, & Surya, C. (2018). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM MENGEMBANGKAN EKONOMI KREATIF DI DESA CITENGAH KABUPATEN SUMEDANG.
Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer Volume 10, No 1, , 28-33.
Swastika, I. P., Budhi, M. K., & Dewi, M. H. (2017). ANALISIS PENGEMBANGAN AGROWISATA UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KECAMATAN PETANG, KABUPATEN BADUNG. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 4103-4136.
Syahwildan, M. (2020). Pengembangan Kualitas Manajemen UKM Dodol Dalam Upaya Peningkatan Kuliner Tradisional Khas Kabupaten Bekasi. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 46-53.
Wilopo, K. K., & Hakim, L. (2017). STRATEGI PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA BUDAYA (Studi Kasus pada Kawasan Situs Trowulan sebagai Pariwisata Budaya Unggulan di Kabupaten Mojokerto). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 41 No.1.

Published

2020-10-01

How to Cite

Syahwildan, M., & Damayanti, I. (2020). PENGEMBANGAN DESTINASI WISATA PERTANIAN SEBAGAI EKONOMI KREATIF MASYARAKAT DI WILAYAH KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 1(02), 78-84. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/769