PELATIHAN PENGEMBANGAN UKM KRIPIK SINGKONG DI DESA SIMPANGAN KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI

Authors

  • Nani Hartati Universitas Pelita Bangsa
  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Desa Simpangan, Keripik Singkong, UKM

Abstract

Industri keripik singkong adalah bisnis yang dibudidayakan oleh pelaku usaha di Desa Simpangan Kecamatan Cikarang Utara Bekasi, sebuah usaha yang potensial untuk dikembangkan. Salah satu pengolah keripik singkong adalah UKM Bpk Izul yang dikatakan oleh masyarakat setempat bahwa mereka memiliki kualitas dan rasa yang unggul. Namun saat ini UKM ini menghadapi beberapa masalah yaitu: (1) Bisnis UKM belum memiliki strategi pengembangan yang jelas, (2) kurangnya inovasi untuk mendapatkan daya saing, (3) pemahaman manajemen bisnis yang rendah, dan (4) kurangnya pengetahuan tentang pembuatan laporan keuangan sehingga terkendala dalam pengembangan bisnis. Untuk mengatasi masalah ini, tim pengabdian masyarakat Universitas Pelita Bangsa tertarik untuk mengorganisir kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema yang akan fokus pada inovasi produk, pengembangan strategi pemasaran dan bisnis, manajemen sumber daya manusia dan manajemen keuangan sederhana untuk UKM.

References

Abdul, Alwi dan Sutrisno. 2013. Analisis Pengaruh Faktor-faktor Fundamental Terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur. Jurnal ISBN:978-978-636-147-2. Surakarta: Universitas Islam Indonesia
Amue, G.J., Adiele,K.C (2012) New product development and consumer innovative behaviour: an empirical validation study. European journal of business and social sciences. Vol. 1, No. 6, pp 97-109.
Anoraga, Pandji. 2000 “Manajemen Bisnis” Jakarta: PT Rineka Cipta
Drs. S. Munawir. (2010).Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty
Frinces 2008) (Frinces, Z. Heflin. (2008). Manajemen, Konsep Membangun Sukses. Yogyakarta: Mida Pustaka
Mathis, Robert L. & John H. Jackson.2010. Human Resource Management: Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke-10. Edisi Bahasa Indonesia. Salemba Empat, Jakarta.
Ostewalder, Alexander and Pigneur, Yves. 2010. Business Model Generation. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Samsul, M. 2015. Pasar Modal dan Manajemen Portofolio. Erlangga, Jakarta.
Sofyan Syafri Harahap, Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Edisi Satu, Raja Grafindo, Jakarta, 2010.
Trisnawati, Tuti. 2009. Akuntansi Untuk Koperasi dan UKM-Tuti Trisnawati. Jakarta: Salemba Empat.

Published

2020-10-02

How to Cite

Hartati, N., & Huda, M. (2020). PELATIHAN PENGEMBANGAN UKM KRIPIK SINGKONG DI DESA SIMPANGAN KECAMATAN CIKARANG UTARA KABUPATEN BEKASI. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 1(02), 60-65. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/770