ASISTENSI PENGEMBANGAN KAPASITAS MANAJERIAL UMKM TERDAMPAK PANDEMI COVID-19
Abstract
Pandemi COVID-19 telah memengaruhi kegiatan dunia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Krisis ini telah memiliki dampak ekonomi yang mengakibatkan penurunan kinerja dari sisi permintaan konsumsi dan daya beli yang kemudian terganggunya proses produksi serta perdagangan. Kondisi ini terdampak pula pada beberapa pengusaha UMKM di Desa Karangraharja Kecamatan Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Upaya strategis yang dilakukan untuk meningkatkan kapasitas manajerial pengusaha UMKM melalui asistensi dengan melakukan kegiatan sebagai berikut: 1). Kreatifitas dan inovasi produk; 2). Strategi pemasaran dan 3). Tata kelola keuangan. Dengan pelatihan manajerial tersebut para pengusaha memiliki wawasan dan pengetahuan baru yang dapat meningkatkan kegiatan usahanya
References
Cepel, M., Gavurova, B., Dvorsky, J., & Belas, J. (2020). The impact of the COVID-19 crisis on the perception of business risk in the SME segment. Journal of International Studies, 13(3), 248-263. doi:10.14254/2071-8330.2020/13-3/16
Marinho, Edicleide & González, Mario & Galvão, Marcela & Costa, Ana Cláudia & Rosa, Marcela & Pereira, José. (2016). Relationship between creativity and product innovation: A literature review. Product Management and Development. 14. 32-37. 10.4322/pmd.2016.007.
Rosita, R. (2020). Pengaruh Pandemi Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109.
UU No. 20 Tahun 2008. (2008). UU No. 20 Tahun 2008. UU No. 20 Tahun 2008, 1, 1–31.
Gilmore, Audrey. (2011). Entrepreneurial and SME marketing. Journal of Research in Marketing and Entrepreneurship. 13. 137-145. 10.1108/14715201111176426