PELATIHAN PEMASARAN ONLINE UMKM BUDIDAYA JAMBU KRISTAL DESA MEKARMUKTI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

Authors

  • Wiji Safitri Universitas Pelita Bangsa
  • Yunita Ramadhani RDS Universitas Pelita Bangsa
  • Novi Fitria Hermiati Universitas Pelita Bangsa
  • Miftakul Huda Universitas Pelita Bangsa
  • Daspar Daspar Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

media sosial, desa wisata Mekarmukti, jambu kristal, UMKM, pemasaran online.

Abstract

Sebagai desa yang berpotensi menjadi desa wisata, Desa Mekarmukti mempunyai beberapa keunggulan yaitu letaknya strategis dan belum ada desa wisata di sekitar kawasan Industri Cikarang. Budidaya jambu kristal telah dilakukan, namun masih mempunyai kendala diantaranya UMKM pelaku budidaya jambu kristal belum mengetahui dan memahami bahwa media sosial efektif digunakan sebagai sarana promosi. Sebagai media sosial yang banyak diminati oleh masyarakat, Instagram menjadi pilihan untuk sarana promosi jambu kristal Desa Mekarmukti. Metode yang digunakan adalah dengan cara observasi langsung ke lapangan dan penyuluhan serta pelatihan kepada UMKM Budidaya Jambu Kristal Desa Mekarmukti. Setelah dilakukan penyuluhan dan pelatihan, UMKM Budidaya Jambu Kristal telah dapat untuk membuat akun Instagram @guava_mukti sebagai sarana promosi, selain itu UMKM telah mampu untuk membuat foto produk dan konten  apa saja yang perlu dimasukkan dalam Instagram. Untuk selanjutnya, perlu dilakukan optimalisasi media Instagram sebagai sarana promosi terkait dengan penambahan follower, hashtag, bagaimana membuat foto dalam satu tema di Instagram, dan membuat twibbon dengan tema sosial sebagai sarana promosi Jambu Kristal @guava_mukti.

References

Fatubun, A. (2020). Survei APJII: Tahun 2020, Pengguna Internet di Indonesia 197 Juta. Ayobandung. https://ayobandung.com/read/2020/11/11/151542/survei-apjii-tahun-2020-pengguna-internet-di-indonesia-197-juta
Imran, A. N., Muhanniah, & Giono, R. W. (2019). Metode Penyuluhan Pertanian dalam meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Petani (Studi Kasus di kecamatan Maros Baru Kabupaten Maros) [Agricultural Extention Method for Improving Knowledge and Farmers Skills (Case Studi in New District Maros, District]. Jurnal AGRISEP : Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 18(2), 289–304. https://doi.org/10.31186/jagrisep.18.2.289-304
Lahandi Baskoro, M. (2019). Pelatihan Instagram Marketing Untuk Tenant Inkubator Bisnis Trilogi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(1). https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurdimas/article/view/315
Liputan6. (n.d.). Kagama: UMKM Perlu Manfaatkan Teknologi Agar Naik Kelas. https://www.liputan6.com/news/read/4402682/kagama-umkm-perlu-manfaatkan-teknologi-agar-naik-kelas
NAIMAH, R. J., WARDHANA, M. W., HARYANTO, R., & PEBRIANTO, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 39. https://doi.org/10.31961/impact.v2i2.844
Nursalikah, A. (2020). Tingkat Digitalisasi UMKM Masih Rendah. Republika. https://republika.co.id/berita/qhoglu366/tingkat-digitalisasi-umkm-masih-rendah
Prasetyo, D. W. (2020). Pelatihan Optimalisation Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Produk Usaha Mikro Kecil Menegah di Desa Kepuh Kajang Deni Widyo Prasetyo STIE PGRI Dewantara Jombang. 4(2), 43–47.
Trymastuty, B., Alfannisa, H. R., & Dianastiti, F. E. (2020). Pemasaran Produk Hasil Pertanian Desa Pasuruhan Kecamatan Mertoyudan Melalui Media Sosial: Strategi Pendampingan Terstruktur. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 116. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v1i1.3148
Wahyuni, S., Harianto, E., Batubara, S., Pembangunan, U., Budi, P., Sains, F. S., Pembangunan, U., & Budi, P. (2020). OPTIMALISASI APLIKASI MEDIA SOSIAL DALAM MENDUKUNG PROMOSI WISATA GEOL DESA PEMATANG SERAI. 3(2), 129–134.
Wijaya, I. N. S. W., Aryanto, K. Y. E., Purnamawan, I. K., & Permana, A. A. J. (2020). PELATIHAN KOMERSIALISASI DIGITAL DAERAH WISATA. 663–671.

Published

2021-08-24

How to Cite

Safitri, W., RDS, Y. R., Hermiati, N. F., Huda, M., & Daspar, D. (2021). PELATIHAN PEMASARAN ONLINE UMKM BUDIDAYA JAMBU KRISTAL DESA MEKARMUKTI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 2(01), 18-24. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/776