PELATIHAN PENGEMBANGAN UMKM DESA CIBATU DALAM PENINGKATAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN BERBASIS DIGITAL

Authors

  • Fitri Rezeki Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Pelatihan Pengembangan, Desa Cibatu, Digitalisasi, Peningkatan Produksi dan Pendapatan

Abstract

Digitalisasi telah memberikan banyak kemudahan untuk menghubungkan konsumen langsung dengan produsen untuk saling memenuhi permintaan dan penawaran meskipun di masa pandemi, dengan banyaknya kemudahan yang dapat mengembangkan bisnis melalui digitalisasi tersebut berbanding terbalik dengan kondisi yang ada. Salah satu contoh nya adalah usaha-usaha yang ada di Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan Kabupaten Bekasi. Rendahnya kreativitas menjadi permasalahan utama, khususnya dalam hal proses produksi, dan pemasaran yang sebelumnya  menggunakan  offline. Minimnya kemampuan juga akan berakibat langsung terhadap prospek bisnis kedepan yang sulit menghadapi persaingan sehingga perlu dilakukan sebuah pelatihan Pelatihan Pengembangan UMKM Desa Cibatu Dalam Peningkatan Produksi Dan Pendapatan Berbasis Digital. Dalam pengabdian masyarakat di Desa Cibatu Kecamatan Cikarang Selatan ini ada 4 metode yang digunakan diantaranya adalah metode observasi, metode wawancara dan metode pelatihan. Hasil yang dicapai pada saat pelatihan pengembangan UMKM Mebel dan kelompok usaha Ibu-Ibu PKK mendapatkan inovasi dalam mengembangkan usaha dengan memanfaatkan sistem digital yaitu mereka harus beradaptasi dengan teknologi pada pemasaran, selalu kreatif dalam pengembangan usahanya baik itu inovasi produk maupun kreatif dari sisi proses serta strategi pemasaran. Pelatihan pengembangan ini juga secara otomatis meningkatkan pendapatan dari UMKM Mebel dan kelompok usaha ibu-ibu PKK melalui platform e- commerce dan melakukan promosi digital kepada UMKM Mebel untuk menjangkau pangsa pasar yang luas.

References

Amue, G.J. ., Adiele,K.C (2012) New product development and consumer innovative behaviour: an empirical validation study. European journal of business and social sciences. Vol. 1, No. 6, pp 97-109.
Anwar Prabu Mangkunegara, 2013, Manajemen Sumber Daya Manusia
Anoraga, Pandji. 2000 “Manajemen Bisnis” Jakarta: PT Rineka Cipta
Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Frinces 2008) (Frinces, Z. Heflin. (2008). Manajemen, Konsep Membangun Sukses. Yogyakarta: Mida Pustaka
Hasibuan, Malayu S.P. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia (Edisi revisi cetakan ke tiga belas)
Eko, Widodo Suparnoh . 2015 . Manajemen Sumber Daya Manusia
L. Mathis, Robert & H. Jackson, John. 2011. Human Resource Management (edisi. 10) Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), (1), 1-17.
SLAMET, Rachmat et al. STRATEGI PENGEMBANGAN UKM DIGITAL DALAM MENGHADAPI ERA PASAR BEBAS. Jurnal Manajemen Indonesia, [S.l.], v. 16, n. 2, p. 136-147, feb. 2017. ISSN 2502-3713

Published

2021-04-30

How to Cite

Rezeki, F. (2021). PELATIHAN PENGEMBANGAN UMKM DESA CIBATU DALAM PENINGKATAN PRODUKSI DAN PENDAPATAN BERBASIS DIGITAL. Jurnal Pengabdian Pelitabangsa, 2(01), 25-30. Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/777