STIK IKAN PATIN: WUJUD EKONOMI KREATIF IBU RUMAH TANGGA DESA JATIBARU CIKARANG

  • Inna Nisawati Mardiani Universitas Pelita Bangsa
  • Adibah Yahya Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu metode kunci awal mula pertumbuhan ekonomi desa. Desa maju akan mendorong pertumbuhan ekonomi suatu Negara sehingga pada akhirnya dapat mengurangi angka kemiskinan, kriminalitas, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya. Kegiatan Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk membantu masyarakat dalam menambah pendapatannya dengan memaksimalkan potensi bahan baku pangan lokal yang diolah dengan ekonomi kreatif sehingga memiliki daya jual dan daya saing tinggi melalui pembuatan stik dari ikan patin. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dari mulai proses produksi sampai dengan pemasaran. Sasaran program adalah masyarakat khususnya para ibu di sekitar Desa Jatibaru, dengan dukungan penuh pemerintah aparatur Desa dan Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi. Program yang dilakukan yaitu: 1) Membentuk kelompok pembuatan stik dari ikan patin 2) Memberikan pelatihan dan pendampingan dari segi proses produksi, pemasaran sampai dengan pembuatan laporan keuangannya 3) Meningkatkan pendapatan keluarga melalui usaha stik ikan. Hasil menunjukkan, terbentuknya kelompok pembuatan stik dari ikan patin dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat khususnya para ibu serta meningkatkan income pendapatan keluarga yang lebih besar yang biasanya hanya dapat saat panen ikan patin saja dengan cara hanya menjual ikannya. Hal ini sebagai wujud nyata bahwa ekonomi kreatif akan melahirkan produktifitas yang tinggi yang sinergi dengan peningkatan pendapatan.

References

Fpik.bunghatta.ac.id. (n.d.). Modul 7. Stick Ikan.
Hamid, H. (2018). Manajemen Pemberdayaan Masyarakat. In T. S. Razak (Ed.), De La Macca Makasa (1st ed.). Makasar: De La Macca.
Noor, M. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, I(2), 87–99. https://doi.org/10.31227/osf.io/weu8z
Rahmawati, F. (2013). Pengemasan dan Pelabelan. Biomaterials, 29(34), 4471–4480.
Savitri, C., & Wanta. (2018). Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Di UBP Karawang. Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif, 3(1), 93–112. https://doi.org/10.36805/manajemen.v3i1.241
Sururi, A. (2015). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak. Jurnal Administrasi Negara, 3(2), 1–25.
Published
2021-10-01
How to Cite
MARDIANI, Inna Nisawati; YAHYA, Adibah. STIK IKAN PATIN: WUJUD EKONOMI KREATIF IBU RUMAH TANGGA DESA JATIBARU CIKARANG. JURNAL PENGABDIAN PELITA BANGSA, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 1-6, oct. 2021. Available at: <https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/783>. Date accessed: 06 july 2022. doi: https://doi.org/10.37366/jabmas.v2i02.783.