PELATIHAN PEMBUATAN HANDSOAP DAN HANDSANITIZER DI DESA HERBAL JAYAMUKTI DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN DASAR ALAMI

  • Novi Fitria Hermiati Universitas Pelita Bangsa
  • Retno Purwani Setyaningrum Universitas Pelita Bangsa
  • Wiji Saputri Universitas Pelita Bangsa
  • Arief Teguh Nugroho Universitas Pelita Bangsa
  • Rismawati Rismawati Universitas Pelita Bangsa

Abstract

Desa Jayamukti yang disebut sebagai desa herbal mecoba berkontribusi membantu masyarakat pada masa pandemik ini dengan menggunakan sumber daya alam yang ada didesa tersebut. Dapat dikatakan desa herbal dikarenakan depan kantor desa tersebut terdapat kebun herbal yang didalamnya ada berbagai macam jenis tanaman obat-obatan. Pada masa pandemi ini ada tuntutan sendiri bagi perangkat desa herbal Jayamukti dibantu mahasiswa pelita bangsa melakukan inovasi untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 melalui pelatihan pembuatan handsoap dan handsanitizer dari bahan alami  tanpa menggunakan bahan-bahan kimia yang mempunyai efek tidak baik jika dipergunakansecara terus menerus. Pelatihan ini menggunakan media social yang sebelumnya dibuat dalam bentuk video pelatihan kemudian disebar  melalui whatsapp dengan bantuan Pembina UMKM, petugas posyandu dan perangkat desa terkait. Setelah dilakukan pelatihan warga diminta untuk membuat langsung handsoap dan handsanitizer sesuai contoh dalam video pelatihan tersebut. Video pelatihan tersebut bisa kita lihat pada media social Instagram. Produk hasil karya  warga dibeli langsung oleh desa dan pribadi untuk diberikan ke seluruh warga desa Jayamukti yang memerlukan.

References

Adhani, L.Mayadi, M.Setiawati,S.& Ramdhania, K. F.(2020). Peer Review Jurnal 3 (Sosialisasi Media Sosial dan Pembuatan Hand Sanitizer,Hand Soap Dalam Rangka Ikut serta Menanggulangi COVID-19).
Fatimah, C. & Ardiani, R.(2018,April). Pembuatan handsanitizer (pembersih tangan tanpa air) menggunakan antiseptik bahan alami. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol.1,No.1,pp.336-343).
Heri Satria, H.S., Nurhasanah, N., Agung Abadi Kiswandono, A.A.K., & Jamiatul,A.(2020). Pelatihan Pembuatan Hand Soap Antiseptik Pada Kub.Mulya Mandiri Desa Fajar Baru Jati Agung Lampung Selatan.
Heri Satria, H.S., Nurhasanah, N., Jamiatul, A., & Kiswandono, A. A. (2020). Mencegah Penyebaran Covid-19: KUB Mulya Mandiri Didampingi Tim Dosen Unila Mengadakan Pembuatan Handsoap Antiseptik. Harian Nasional Radar Lampung.
Kiswandono, A. A., Rilyanti, M., Siswanto, H., & Wardani, Y. K.(2021). Pendampingan Pembuatan Handsoap di Desa Kedaton 1 Kecamatan Batanghari Nuban. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) TABIKPUN, 2(1).
Nurahmanto, D., Tanjaya, E., Arizka, H. E., & Hasanah, S.U. (2019). Perbandingan Aktivitas Anti Mikroba Ekstrak Etanol Daun Beluntas (Plucheaindical) Sediaan Gel dan Spray Antiseptik.
Rilyanti, M., Munaris, M., Kiswandono, A. A., & Yulia Kusuma Wardani, Y.(2020). Pendampingan Pembuatan Handsoap di Desa Kedaton 1 Kecamatan Batanghari Nuban.
Santhi, M., Triasswari, N. P. M., Made, R. F. N., & Wrasiati, L. P. (2020, October). Pelatihan Pembuatan Sabun Cuci Tangan dan Hand Sanitizer dengan Memanfaatkan Aloe Vera Sebagai Pengganti Gliserin. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PERTANIAN (Vol. 1, No.1, pp. 16 - 24).
Setiawati, S., & Ramdhania, K. F. (2020). Sosialisasi Media Sosial dan Pembuatan Handsanitizer, Handsoap dalam Rangka Ikut Serta Menanggulangi COVID-19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1 (1), 11-18.
Sunarpi, H. (2020). Pengenalan "Hand Soap dan Hand Sanitizer Gel Berbasis Algae Kepada Pembudidaya Rumput Laut di Teluk Ekas untuk Mencegah Penyebaran Covid-19 pada Tatanan Kehidupan Baru. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility ( PKM-CSR), 3,325-329. https://scholar.google.com/scholar?cluster=8104758341681126971&hl=id&as_sdt=0,5
Published
2021-08-24
How to Cite
HERMIATI, Novi Fitria et al. PELATIHAN PEMBUATAN HANDSOAP DAN HANDSANITIZER DI DESA HERBAL JAYAMUKTI DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN DASAR ALAMI. JURNAL PENGABDIAN PELITA BANGSA, [S.l.], v. 2, n. 02, p. 7-13, aug. 2021. Available at: <https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/jabmas/article/view/784>. Date accessed: 06 july 2022. doi: https://doi.org/10.37366/jabmas.v2i02.784.