Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Martabak Alim
Keywords:
Manajemen laba, free cash flow, leverage , profitabilitas.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis free cash flow, leverage dan profitabilitas terhadap manajemen laba secara parsial dan simultan selama tahun 2015-2019. Discretioary accruals digunakan untuk proksi manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini ada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling diperoleh 10 perusahaan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa annual report 10 perusahaan yang terdaftar di BEI selama 2015-2019. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis regresi data panel, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yang diolah menggunakan eviews 10.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial free cash flow tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, leverage tidak berpengaruh terhadap manajemen laba sedangkan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba . Untuk hasil secara simultan bahwa free cash flow, leverage dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba.
Kata Kunci : Manajemen laba, free cash flow, leverage , profitabilitas.