Penerapan Metode Shuffle Random pada Aplikasi Sistem Penentuan Playlist Lagu
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpcs.v3i1.2355Keywords:
lagu, daftar lagu, shuffle randomAbstract
Radio memiliki program siaran musik yang dikelola oleh music director. Music Director memiliki peran sangat penting dalam mengatur format musik. Sebelum lagu siap didengarkan oleh pendengar, music director mengelola playlist harian dengan menyusun lagu-lagu yang dikategorikan playlist harian. Proses pemilihan lagu masih dilakukan secara manual dan belum ada sistem khusus yang mengelola program musik. Oleh karena itu, dalam pengelolaan lagu-lagu yang akan masuk kedalam sebuah playlist digunakan metode Shuffle Random. Penelitian ini membahas tentang penentuan playlist lagu dengan menggunakan metode Shuffle Random sebagai pengacakan lagu dan Unified Modeling Language sebagai tools dalam analisis dan perancangan, serta bahasa pemrograman PHP Hypertext Preproccessor dengan framework CodeIgniter, dan MySQL sebagai media penyimpanan datanya. Hasil dari penelitian ini adalah Sistem Penentuan Playlist Lagu yang bertujuan untuk memudahkan music director dalam mengelola data daftar lagu dan mengelola playlist harian. Output yang dihasilkan adalah informasi mengenai daftar playlist harian dan informasi top chart lagu terbaik di Radio
Downloads
References
Abdullah, C. A., Aji, F. B., & Asfi, M. (2019). Model Antrian First Come First Served Pada Layanan Kesehatan. Jurnal Digit, 7(2), 217–228. https://doi.org/10.51920/JD.V7I2.98
Agustinus, A., Sudarmaningtyas, P., & Hariani Eko Wulandari, S. (2016). Rancang Bangun Aplikasi Manajemen Lagu Pada Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 FM Surabaya. 5(3), 1–8.
Bukhari, I., Wahyuddin, M. I., & Nathasia, N. D. (2020). Perancangan Sistem Informasi Radio Online Universitas Nasional Berbasis Web. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 4(3), 715–725. https://doi.org/10.30865/MIB.V4I3.2214
Darnita, Y., & Muntahanah, M. (2019). Aplikasi Sistem Pencarian Lagu menggunakan Algoritma Levenshtein Distance. Journal of Technopreneurship and Information System (JTIS), 1(3), 61–67. https://doi.org/10.36085/jtis.v1i3.68
Fujiati, F., & Rahayu, S. L. (2020). Implementasi Algoritma Fisher Yate Shuffle Pada Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran. CogITo Smart Journal, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31154/COGITO.V6I1.174.1-11
Halim, A., & Aksad, H. (2016). Aplikasi Penerapan Customer Satisfaction Index Pada Pelayanan Kepuasan Masyarakat Di Pengadilan Negeri Kotabaru. Jutisi, 5, 1257–1266.
Heri, F., Yunus, A., Budianto, A. E., & Kunci, K. (2021). Penerapan Metode Algoritma Shuffle Random pada Game 2D Pertualangan Pemuda Desa. Kurawal - Jurnal Teknologi, Informasi Dan Industri, 4(2), 155–168. https://doi.org/10.33479/KURAWAL.V4I2.464
Ladika, A. W., Fauziah, F., & Sari, R. T. K. (2022). Implementasi Algoritma Shuffle Random dan Linear Congruent Method (LCM) pada Media Pembelajaran Pengenalan Icon Kota. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 6(2), 267–273. https://doi.org/10.35870/JTIK.V6I2.419
Nahampun, H. O. (2023). Penerapan Algoritma Levenstein Distance Untuk Pencarian Judul Pada Aplikasi Lagu-Lagu Nasional. Resolusi : Rekayasa Teknik Informatika Dan Informasi, 3(4), 282–286. https://doi.org/10.30865/RESOLUSI.V3I4.370
Panca Juniawan, F., & Hengki, H. (2019). Pengacakan Soal Ujian Penerimaan POLRI Menggunakan Algoritme Fisher Yates Shuffle. Telematika, 12(1), 1–13. https://doi.org/10.35671/TELEMATIKA.V12I1.714
Roger, S. P. (2019). Software engineering: a practitioner’s approach. McGraw-Hill Education.
Saputra, A., & Sauda, S. (2023). Penerapan Algoritma Liniear Congruential Generator Pada Aplikasi Susun kata Pengenalan Budaya Di Indonesia. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 7(1), 53–61. https://doi.org/10.30645/J-SAKTI.V7I1.570
Sidik, M. M., Maylawati, D. S., & Setiawan, R. (2020). Media Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Berbasis Android Menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle. Jurnal Algoritma, 17(2), 218–228. https://doi.org/10.33364/ALGORITMA/V.17-2.218
Yanda, A., Yanda, A. R., Santika, R. R., Diana, A., & Wulandari, R. (2022). Game Edukasi Introduksi Bilangan dan Operasi Aritmatika dengan Penerapan Algoritma Fisher–Yates Shuffle. EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi Dan Teknologi, 12(1), 01–07. https://doi.org/10.36448/expert.v12i1.2476
Yusnita, A., & Rija’i, T. (2019). Implementasi Algoritma Shuffle Random pada Pembelajaran Panca Indra Berbasis Android. JUITA : Jurnal Informatika, 7(1), 19. https://doi.org/10.30595/juita.v7i1.3647
Downloads
Published
Versions
- 2023-05-29 (2)
- 2023-05-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Practical Computer Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.