Aplikasi Permainan Sepeda Menggunakan Construct 3 di Gowes Baraya Bandung
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpcs.v3i1.2370Abstract
Kegiatan bersepeda merupakan aktivitas yang cukup banyak diminati masyarakat sebagai pilihan olahraga yang dapat dilakukan sedirian atau dengan komunitas. Gowes Baraya Bandung (GBB) merupakan salah satu komunitas para pegowes, penghobi, dan penggemar bersepeda di Kota Bandung. Pada komunitas GBB terdapat kegiatan Gowes Adventure yang dilakukan rutin oleh para pesepeda yang mencintai petualangan. Terkadang ada anggota komunitas yang melewatkan acara seru dan mengasyikkan yang diadakan oleh koordinator wilayahnya. Tidak semua anggota dapat dikoordinasikan untuk mengikuti acara-acara yang diselenggarakan. Berbagai kendalanya yaitu jadwal yang bentrok dengan kegiatan pribadi, pekerjaan lembur di akhir minggu, ataupun keperluan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Padahal semua acara yang diadakan oleh koordinator bertujuan untuk menambah keseruan dalam bersepeda. Di dalam penelitian ini timbul gagasan dan tujuan untuk membuat aplikasi permainan petualangan sepeda dengan jenis side-scrolling game. Pada penelitian ini dibangun aplikasi permainan Gowes Adventure menggunakan Construct 3 di komunitas Gowes Baraya Bandung (GBB). Hasilnya aplikasi game yang dibuat dengan diberi nama Gowes Adventure dapat memberikan media hiburan bagi para anggota komunitas yang melewatkan serunya acara petualangan bersepeda yang diadakan oleh koordinator wilayah.
Downloads
References
Alamsyah, R., Sulastri, S., Krisrupianti, L., & Atmadja, A. R. (2019). PENGEMBANGAN APLIKASI GAME PLATFORM HAPPY JUMP: WORLD ADVENTURE. Jurnal Accounting Information System (AIMS), 2(1), 57–68.
Guntari, E. W., Permana, A. S., & Umbara, F. R. (2020). Prototype Sistem Informasi Eksekutif Dosen di Perguruan Tinggi Swasta ABCD. JUMANJI (Jurnal Masyarakat Informatika Unjani), 3(02), 155–163.
Nurrahmah, K., Safitri, R., Sumiati, S., & Fitriani, P. D. (2021). Tren Keluarga Bersepeda di Era New Normal. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 1(2), 106–118.
Pitra, Z., Nuzuli, N., & Ifwandi, I. (2018). EVALUASI MANAJEMEN ORGANISASI PENGPROV ISSI ACEH TAHUN 2017. Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi, 4(2).
Putra, B. D. W. (2021). PEMBUATAN GAME 2D SIDE SCROLLER “JACK’O” DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI UNREAL ENGINE. Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Ramsari, N., & Ramadhan, G. (2018). Pembuatan Game Side Scrolling 2D the Naila’S Survival Berbasis Android. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(2).
Suprayogo, A. D. (2017). Game Balap Sepeda Ontel Berbasis Android. Jurnal Mahasiswa Fakultas Teknik, 1(1), 6.
Surya, K. P. (2017). Perancangan Dan Pembuatan Game Racoon Run Dengan Menggunakan Construct 3. Universitas Multimedia Nusantara.
Utomo, A. W. (2020). Upaya bersepeda sebagai moda transportasi serta gaya hidup baru menjaga kebugaran jasmani. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains, 1(1).
Yuliansyah, A. R., Wiguno, L. T. H., & Kurniawan, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Gerak Dasar Lari Berbasis Aplikasi Articulate Storyline. Sport Science and Health, 3(4), 180–191.
Published
Versions
- 2023-06-02 (2)
- 2023-05-29 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Practical Computer Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.