Pengembangan Authoring Tools Pembelajaran Bahasa Pascal Menggunakan Teknik Transformasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Andi Harmin STMIK Profesional Makassar
  • Muhammad Faisal STMIK Profesional Makassar

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpcs.v3i1.2371

Keywords:

Dasar Pemrograman, Teknik Transformasi, Bahasa Pascal

Abstract

Pengembangan perangkat lunak pembelajaran sekarang ini mengalami peningkatan seiring dengan kemajuan teknologi. Kebutuhan alat peraga yang digunakan untuk proses belajar mengajar juga harus berubah sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman. Salah satunya adalah pengembangan alat peraga interaktif sebagai fasilitas bagi pengajar maupun peserta didik khusus pada mata kuliah dasar pemrograman. Alat peraga interaktif yang menggunakan teknik transformasi akan lebih efektif dalam menggunakan waktu untuk memberikan materi sebanyak yang dibutuhkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus Priatno, E., Bagus, R., & Sumantri, B. (2021). Dukungan Perangkat Lunak Authoring dalam Prespektif Multimedia Development Life Cycle (MDLC) Luther. 2(2), 13–19. http://creativecommons.org/licences/by/4.0/

As, H., Kasim, S., & Suhardi, I. (2022). Pengaruh Kemampuan Numerik dan Logika Terhadap Nilai Mata Kuliah Algoritma Pemrograman Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. In INTEC Journal: Information Technology Education Journal (Vol. 1, Issue 1).

Exaudi Sirait, D., & Eduardo Simarmata, J. (2020). PENYELESAIAN MASALAH TRAVELLING SALESMAN PROBLEM DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL. In Journal of Mathematics Education and Science (Vol. 6, Issue 1).

Informasi, J., Komunikasi, D., Perkantoran, A., Kacanusa, I., Dyah, C., Murwaningsih, T., & Perkantoran, P. A. (2021). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DARING (E-LEARNING) DI MASA PANDEMI COVID 19 DALAM MATA PELAJARAN HUMAS DAN KEPROTOKOLAN (Studi Kasus Di SMK Negeri 1 Sragen). Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(1). http://jurnal.uns.ac.id/JIKAP

Masitoh1, A. P. (2022). PENERAPAN TEKNIK TRANSFORMASI LAGU DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS WACANA MAHASISWA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 1–12.

Rizky Wandria, S. D. Y. A. A. H. J. M. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Algoritma Pemrograman Menggunakan Aplikasi Scratch Untuk Siswa SMK YKWI Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(1), 14–18.

Romzi, M., & Kurniawan, B. (2020). PEMBELAJARAN PEMROGRAMAN PYTHON DENGAN PENDEKATAN LOGIKA ALGORITMA (Issue 2).

Sajiatmojo, A., Negeri, S., & Selor, T. (2021). PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING. 1(3), 229.

Selfi, G., Prodi, A., Pancasila, P., & Kewarganegaraan, D. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis E-learning Masa Covid-19 pada Mahasiswa Tahun Masuk 2020 PPKn UNP. In Journal of Civic Education (Vol. 4, Issue 3).

Setiadi, T., & Setia Budi, D. (2017). PENGEMBANGAN SISTEM AUTHORING TOOLSUNTUK PUBLIKASI JURNAL ILMIAH BERBASIS WEB.

Watrianthos, R. (2014). STRUKTUR BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL ATAU BAHASA C. In Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu (Vol. 2, Issue 1).

Downloads

Published

2023-06-02

How to Cite

Andi Harmin, & Faisal, M. (2023). Pengembangan Authoring Tools Pembelajaran Bahasa Pascal Menggunakan Teknik Transformasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Practical Computer Science, 3(1), 35-43. https://doi.org/10.37366/jpcs.v3i1.2371

Issue

Section

Articles