Pengukuran Tingkat Kematangan Service Management Practices Pada Cirebon Satu Data Menggunakan Framework IT-IL 4
DOI:
https://doi.org/10.37366/jpcs.v3i2.2567Keywords:
maturity level, cmmi, capability, itil, itil 4, framework, manajemen layanan, gap analysis, rekomendasi, cirebon satu data, dkis kota cirebon, dinas komunikasi informatika dan statistikAbstract
Suatu pengelolaan layanan teknologi informasi perlu menjalani evaluasi dan pengukuran melalui berbagai metode seperti perhitungan tingkat kapabilitas, tingkat kematangan, analisis kesenjangan, dan penyusunan rekomendasi. Hal serupa juga berlaku untuk pengelolaan layanan teknologi informasi di Cirebon Satu Data. Kerangka kerja yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Framework IT-IL Versi 4, yang memusatkan perhatian pada 11 Service Management Practices termasuk Availability Management, Capacity and Performance Management, Change Control, Incident Management, IT Asset Management, Monitoring and Event Management, Problem Management, Service Continuity Management, Service Desk Management, Service Level Management, dan Service Request Management. Menurut hasil analisis kuesioner yang diisi oleh 132 responden (administrator, pemegang data, pencipta data, dan masyarakat), rata-rata CMMI dan Maturity Level pada Service Management Practices berada pada level tiga (defined), dan GAP Analysis mencapai dua kesenjangan. Ini menandakan bahwa proses atau fungsi layanan telah diterima secara luas dan langkah-langkahnya telah diatur sesuai standar, dicatat secara tertulis, dan disebarluaskan melalui pelatihan. Setiap proses memiliki struktur yang jelas, tujuan resmi, dan target yang ditetapkan, termasuk pemberian sumber daya yang sesuai, dan berfokus pada pencapaian kinerja yang efisien dan efektif. Akan tetapi, masih ada beberapa perbedaan yang perlu diatasi, sehingga rekomendasi perbaikan diperlukan untuk setiap praktik berdasarkan Framework IT-IL 4.
Downloads
References
AXELOS. (2019). ITIL ® Foundation ITIL 4 Edition 2019 (First Edit). TSO (The Stationery Office). https://www.axelos.com
Effendy, F., & Hariyanti, E. (2018). Manajemen Masalah Teknologi Informasi Berdasarkan Kerangka Kerja ITIL V3 dan COBIT 5. JURNAL SISTEM INFORMASI BISNIS, 8(2), 157. https://doi.org/10.21456/vol8iss2pp157-165
Fitriani, C., Subiyakto, A., & Ratnawati, S. (2018). Evaluasi Sistem Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Kerangka Kerja ITIL V3 (Studi Kasus : PT. Asuransi Adira Dinamika).
Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Herlinudinkhaji, D., & Kurnia Ramadhani, L. (2023). Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi dengan ITIL V4 untuk Estimasi Layanan. Remik, 7(1), 452–457. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.12058
Magdalena, L., & Solihah, Y. A. (2020). Design of IT Governance Evaluation Using COBIT Framework through Capability Maturity in Department of Transportation Cirebon. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1641/1/012013
Nachrowi, E., Nurhadryani, Y., & Sukoco, H. (2020). Evaluation of Governance and Management of Information Technology Services Using Cobit 2019 and ITIL 4. RESTI Journal (System Engineering and Information Technology), 4(2), 764–774. http://jurnal.iaii.or.id
Putra, B., Jazman, M., Megawati, M., & Salisah, F. N. (2022). IT Governance Audit at The Kampar Regency Library and Archives Departement Using COBIT 2019 and ITIL 4. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 3(6), 1591–1600. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2022.3.6.406
Rawung, D. T., Si, S., & Stat, M. (2020). Metode Penarikan Sampel.
Reiter, M., & Miklosik, A. (2021). Digital Transformation of Organisations in The Context of ITIL® 4. https://www.microsoft.com/sk-sk/microsoft-365/microsoft-teams/free
Romadhon, A., Sukmana, H. T., & Masruroh, S. U. (2017). Mengukur Tingkat Kematangan Layanan IT dengan Framework ITIL V3 (Studi Kasus: PUSTIPANDA UIN Jakarta).
Safitri, C. I., Supriyadi, D., & Astiti, S. (2021). Analisis Tingkat Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Menggunakan Framework (ITIL) V3. Jurnal JUPITER, 13(1), 134–144.
Setyaningsih, A. F., Prabowo, W. A., & Saintika, Y. (2023). Evaluasi Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan ITIL V4. Jurnal Teknlogi Informatika Dan Komputer MH. Thamrin , 9, 160–173. https://doi.org/10.37012/jtik.v9i1.1375
Tiara, S., Ada, R., Zahra, A. L., Shahita, D., Martapura, R., Lathif, T., & Suryanto, M. (2022). Analisis Perbandingan COBIT 5 dan ITIL V4 dalam Implementasi IT Governance. 17, 23–29.
Keputusan Wali Kota Cirebon Nomor: 134.05/Kep.408-DKIS/2017 Tentang Pembentukan Forum Satu Data dan Kesetretariatan Forum Satu Data Kota Cirebon, 1 (2017).
Wali Kota Cirebon. (2020). Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 46 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Cirebon Satu Data (pp. 1–26).
Wali Kota Cirebon. (2021a). Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 29 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Struktur Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kota Cirebon (pp. 1–38).
Wali Kota Cirebon. (2021b). Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 96 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Wali Kota Cirebon Nomor 29 Tahun 2021 (pp. 1–32).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Journal of Practical Computer Science
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.