User Experience Design Tes Berbasis Mobile sebagai Link and Match Lowongan Kerja Industri dengan Politeknik di Kalimantan Selatan

Authors

  • Wahyu Ridhoni Politeknik Hasnur
  • Yazid Aufar Politeknik Hasnur
  • Emma Valensia Aurum Politeknik Hasnur

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpcs.v4i1.4634

Keywords:

Lowongan Pekerjaan, Politeknik, Tes berbasis Mobile, User Experience Design, Vokasi

Abstract

Link and Match antara Perguruan Tinggi Vokasi dengan Industri di Kalimantan Selatan dinilai masih jauh dari harapan. Terdapat kesenjangan karena standar capaian pembelajaran belum sesuai dengan standar yang diinginkan dari industri. Selain itu serapan lulusan untuk bekerja masih rendah. Penelitian ini bertujuan membangun Platform tes lowongan kerja berbasis mobile dalam rangka mempererat sinergi antar Politeknik dengan industri di Kalimantan Selatan. Berfokus pada User Experience Design dengan membangun prototipe dan mengujinya. Perusahaan tinggal memilih program studi apa saja yang bisa mengikuti tes suatu lowongan pekerjaan dan secara langsung informasi diterima oleh masing-masing lulusan Program Studi. Platform mobile merupakan pilihan yang paling memungkinkan karena di Indonesia perangkat mobile lebih banyak digunakan. Selain itu tidak seperti website dan program desktop, pada aplikasi mobile dapat dilakukan pembatasan untuk keperluan yang spesifik agar tes berlangsung bebas dari kecurangan. User Experience Design dilaksanakan dengan kerangka kerja UXD FLIP dan menggunakan tool desain Figma. Hasil pengujian User Experience Design menunjukkan bahwa prototipe yang sudah dikembangkan telah valid dengan nilai 80,5, sehingga dinyatakan telah fix dan dapat dijadikan acuan dalam proses coding.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alao, O. D., Priscilla, E. A., Amanze, R. C., Kuyoro, S. O., & Adebayo, A. O. (2022). User-Centered/User Experience Uc/Ux Design Thinking Approach for Designing a University Information Management System. Ingénierie Des Systèmes d Information, 27(4), 577–590. https://doi.org/10.18280/isi.270407

Angelica, I., & Nas, C. (2022). Design UI / UX Prototype Aplikasi Pemesanan Produk Dimskuy Berbasis Mobile Dengan Menggunakan Figma. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 01(01).

Azizah, N., Sani, A., Rezki, A., Raihan, F., & Georginayuni, I. (2022). Perancangan Prototype Interface atau UI Pada Layanan Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Aplikasi Figma. Jurnal Bidang Penelitian Multimedia, 1(1).

BPS Kalsel. (2023). Direktori Perusahaan Industri Manufaktur Menengah dan Besar Provinsi Kalimantan Selatan Volume 9, 2023.

Chien, C.F., Lin, K.Y., Yu, A.P.I. (2014) User-experience of tablet operating system: An experimental investigation of windows 8, iOS 6, and android 4.2, Comput. Ind. Eng. 73, 75–84.

Cinderatama, T. A., & Amini, J. I. (2016). Pembuatan Sistem Informasi Lowongan Kerja Berbasis Android di Disnaker Kab. Nganjuk. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terintegrasi, 1(02).

Hartanto, C. F. B., Rusdarti, & Abdurrahman. (2019). Tantangan Pendidikan Vokasi di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Menyiapkan Sumber Daya Manusia yang Unggul. Seminar Nasional Pascasarjana 2019 UNNES.

Kemdikbud.go.id. (2023). Sakernas 2023 29 persen mahasiswa politeknik sudah bekerja sebelum lulus. https://vokasi.kemdikbud.go.id/read/b/sakernas-2023-29-persen-mahasiswa-politeknik-sudah-bekerja-sebelum-lulus

Murjani, A. (2023). Pemodelan Pertumbuhan Kalimantan Selatan Menggunakan ARIMA Intervensi. Jurnal Riset dan Aplikasi Matematika, 7(1), 13-22. https://doi.org/10.26740/jram.v7n1.p13-22

Neil, T. (2014) Mobile Design Pattern Gallery: UI Patterns for Smartphone Apps, second ed., O’Reilly Media, Inc., Sebastopol, CA.

Nilsson, E.G. (2009) Design patterns for user interface for mobile applications, Adv. Eng. Softw. 40 (12), 1318–1328.

Ridhoni, W., & Anggraini, M. A. (2023). Pembangunan Aplikasi Mobile Untuk Pencatatan dan Laporan Pre-Order UMKM Kuliner. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 8(3), 1102-1110. https://doi.org/10.29100/jipi.v8i3.4640

Ridhoni, W., Kaloka, T. P., & Pratomo, D. Y. (2023). Vokametri: Mobile Application for Observation of Attitude Aspects Based on KKNI in Vocational Students. Vidya Karya, 38(2), 66. https://doi.org/10.20527/jvk.v38i2.17186

Ridhoni, W., Punaji Setyosari, Dedi Kuswandi, Saida Ulfa, & Dahlia Janan. (2022). CC Thinker: Mobile-based Assessment to Train Creative and Critical Thinking in Students. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 16(15), 16–29. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i15.29991

Salvendy, G. (2012) Handbook of Human Factors and Ergonomics, fourth ed., John Wiley & Sons, Inc. Hoboken, New Jersey.

Setyaningrum, W & Waryanto, N.H. (2017) Media Edutainment Segi Empat Berbasis Android: Apakah Membuat Belajar Matematika Lebih Menarik?. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 40-56.

Sharma, V., & Tiwari, A. K. (2021). A Study on User Interface and User Experience Designs and its Tools. World Journal of Research and Review, 12(6), 41–44.

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Ridhoni, W. ., Aufar, Y. ., & Aurum, E. V. . (2024). User Experience Design Tes Berbasis Mobile sebagai Link and Match Lowongan Kerja Industri dengan Politeknik di Kalimantan Selatan. Journal of Practical Computer Science, 4(1), 44-53. https://doi.org/10.37366/jpcs.v4i1.4634

Issue

Section

Articles