PERANCANGAN APLIKASI PERANTI BERGERAK DIAGNOSA PENYAKIT SISTEM EKSKRESI

Authors

  • Agus Suheri Universitas Suryakancana
  • M Rizk y Khobir Universitas Suryakancana
  • Sri Widaningsih Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpcs.v1i2.924

Keywords:

Android, Ekresi, pakar, Perangkat Bergerak

Abstract

Sistem pakar merupakan program berbasis pengetahuan yang berusaha mengadopsi pengetahuan manusia ke komputer, agar komputer dapat menyelesaikan masalah seperti yang biasa dilakukan oleh para ahli, dan sistem pakar yang baik dirancang agar dapat menyelesaikan suatu permasalahan tertentu dengan meniru kerja dari  para   ahli. Salah satu permasalahan yang bisa diangkat adalah sistem pakar bidang kesehatan pada sistem eksresi manusia, sistem pengeluaran zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh hasil dari metabolism tubuh. Indonesia   menempati   peringkat   ke   tujuh   dunia   untuk prevalansi penderita penyakit pada sistem ekskresi kebanyakan  penyakit yang timbul adalah penyakit pada ginjal dan penyakit diabetes. Dengan peringkat tersebut maka Sistem Pakar dibutuhkan untuk menangani permasalahan kesehatan Sistem Eksresi yang dapat menjadi alternatif untuk membantu masyarakat dan tim kesehatan dalam melakukan diagnosa terhadap penyakit tersebut dengan mudah dan cepat dalam bentuk aplikasi. Aplikasi Diagnosa Penyakit Sistem Eksresi dibangun dengan berbasis peranti bergerak dengan pemrogram Android menggunakan Bahasa Java dan database mysql.

Kata kunci: Android, Ekresi,  Pakar, Perangkat Bergerak

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kusumadewi, S. (2003). Artifical Intellegence Teknik dan aplikasinya.Yogyakarta : Graha Ilmu.
Turban, Efraim. 2005. Decision Support Systems and Intelligence Systems, edisi bahasa Indonesia Jilid 1. Andi. Yogyakarta.
Pressman, Roger S. (2010). Software Engineering A Practitioner’s Approach, Seventh Edition. New York : McGraw Hill.
Abdul Rouf, 2015, Pengujian Perangkat Lunak Dengan Menggunakan Metode White Box dan Black Box, SemarangAdrian, K. (2019, 09 03).
Gerd dan Mengatasinya. Diambil kembali dari ALODOKTER: https://www.alodokter.com/kenali-gejala-gerd-dan-cara-mengatasinya
Agtian Muhamad, R. T. (2017). Metode Forward Chaining pada Aplikasi Sistem Pakar Diagnosis Penyakit pada Tanaman Bunga Kamboja. 14.
Juansyah, A. (2015). Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 8.

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Suheri, A., Khobir, M. R. y, & Widaningsih, S. (2022). PERANCANGAN APLIKASI PERANTI BERGERAK DIAGNOSA PENYAKIT SISTEM EKSKRESI. Journal of Practical Computer Science, 1(2), 25-37. https://doi.org/10.37366/jpcs.v1i2.924