PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Sugeng Budi Rahardjo Universitas Pelita Bangsa
  • Wiyanto W Universitas Pelita Bangsa
  • Aprilia Sulistyohati Universitas Indrapasta PGRI
  • Umilhuda U Universitas Pelita Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.37366/jpcs.v1i2.939

Keywords:

data mining, algotitma apriori, Penjualan sayuran hirdroponik

Abstract

Seiring dengan maraknya usaha di bidang sayuran hidroponik, UD. Media Farms menyadari akan munculnya persaingan bisnis yang ketat, sehingga diperlukan strategi untuk menarik konsumen, kurangnya sumber informasi baru menjadi salah satu kendala kemajuan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui informasi mengenai sayuran apa saja yang sering dibeli konsumen secara bersamaan dalam satu kali transaksi guna mengoptimalkan hasil panen sayuran hidroponik dan menentukan strategi bisnis penjualan sayuran hidroponik. Metode data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode association rule dengan algoritma apriori. Dari proses pengolahan data menggunakan algoritma aprori dan pengujian dengan alat rapid miner, dengan parameter support minimal 20% dan confidence minimal 60% maka aturan asosiasi yang terbentuk adalah 7 aturan. Dari 7 rule yang terbentuk, ditemukan 3 rule dengan nilai confidence tertinggi yaitu (selada → kangkung) dengan nilai support 50% dan confidence 79%, (selada, bayam merah → kangkung) dengan nilai support 25% dan kepercayaan diri  78%, (selada, pakcoy → kangkung) dengan nilai support 22% dan confidence 76%. Ketiga rule tersebut memiliki nilai lift ratio > 1 yang artinya rule tersebut valid dan dapat digunakan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Nurajizah, “Analisa Transaksi Penjualan Obat menggunakan Algoritma Apriori,” INOVTEK Polbeng - Seri Inform., vol. 4, no. 1, p. 35, 2019
A. R. Wibowo and A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Inspir. J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 2, p. 200, 2020
Anto, T. Susilo, P. T. Informatika, S. Selatan, and S. Selatan, “Penerapan Algoritma Apriori pada Pengolahan Data Transaksi Penjualan di Minimarket Priyo Kota Lubuklinggau,” Jtksi, vol. 01, no. 03, pp. 39–46, 2018.
H. E. Simanjuntak, “Analisa Data Mining Menggunakan Frequent Pattern Growth pada Data Transaksi Penjualan PT Mora Telematika Indonesia untuk Rekomendasi Strategi Pemasaran Produk Internet,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 4, pp. 914–923, 2020
E. D. Sikumbang, “Penerapan Data Mining Penjualan Sepatu Menggunakan Metode Algoritma Apriori,” J. Tek. Komput. AMIK BSI, vol. Vol 4, No., no. September, pp. 1–4, 2018.
Y. Apridonal M, W. Choiriah, and A. Akmal, “Penerapan Data Mining Menggunakan Metode Assiciation Rule Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Pola Penjualan Barang,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 5, no. 2, pp. 193–198, 2019
Nofriansyah Dicky, Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan, 1st ed. Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Nofriansyah Dicky and G. W. Nurcahyo, ALGORITMA DATA MINING DAN PENGUJIAN. Yogyakarta: Deepublish, 2015.
R. D. Jayapana and Y. Rahayu, “Analisis pola pembelian konsumen dengan algoritma apriori pada apotek rahayu jepara,” UG J., vol. Vol. 8, pp. 1–6, 2015.
D. Karmila and D. Rusda, “E-marketplace penjualan dan pemasaran barang
furniture pada toko mebel menggunakan php dan mysql server,” J. Penelit. Dosen Fikom, vol. 10, no. 1, 2019.

N. Imaniar, A. Indrawan, and R. Nurmilah, “PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR ( Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun ),” J. Manajemen, Ekon. dan Akunt., no. September, pp. 583–591, 2020.
N. Imaniar, A. Indrawan, and R. Nurmilah, “PENGARUH PENJUALAN TERHADAP LABA KOTOR ( Studi Kasus Pada Home Industry Kopi Karuhun ),” J. Manajemen, Ekon. dan Akunt., no. September, pp. 583–591, 2020.
R. D. Savira and T. M. Prihtanti, “Analisa Permintaan Sayuran Hidroponik Di Pt. Hidroponik Agrofarm Bandungan,” Agrilan J. Agribisnis Kepul., vol. 7, no. 2, p. 164, 2019
E. Kurniawan, “Implementasi Data Mining Dalam Analisa Pola Peminjaman Buku Di Perpustakaan Menggunakan Metode Association Rule,” JURTEKSI (Jurnal Teknol. dan Sist. Informasi), vol. 5, no. 1, pp. 89–96, 2019
F. A. Sianturi, “Penerapan Algoritma Apriori Untuk Penentuan Tingkat Pesanan,” Mantik Penusa, vol. 2, no. 1, pp. 50–57, 2018, [Online].
B. A. Najib and N. Suryani, “Penerapan Data Mining Terhadap Data Penjualan Lapis Bogor Sangkuriang Dengan Metode Algoritma Apriori,” Tek. Komput. AMIK BSI, vol. VI No. 1 J, 2020.
M. Fauzy, K. R. Saleh W, and I. Asror, “Penerapan Metode Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori pada Simulasi Prediksi Hujan Wilayah Kota Bandung,” J. Ilm. Teknol. Inf. Terap., vol. II, no. 2, pp. 221– 227, 2016.
A. M. Siregar, D. Wahiddin, and Murniasih, “Penerapan Algoritma K- Means Dalam Mengurangi Tingkat Buta Aksara Di Indonesia Sebagai Penunjang Keputusan,” vol. 1, pp. 55–60, 2020.
D. A. C, D. A. Baskoro, L. Ambarwati, and I. W. S. Wicaksana, Belajar Data Mining dengan Rapid Miner. .

Downloads

Published

2022-01-05

How to Cite

Rahardjo, S. B., W, W., Sulistyohati, A., & U, U. (2022). PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISA POLA PEMBELIAN SAYURAN HIDROPONIK MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA APRIORI. Journal of Practical Computer Science, 1(2), 38-49. https://doi.org/10.37366/jpcs.v1i2.939