MINAT BELI PENGGUNA KARTU BY.U DI BEKASI : KEMUDAHAN PENGGUNAAN, FASILITAS, DAN CITRA MEREK

Authors

  • Dewi Juwita Permatasari Prodi Manajemen UPB
  • Arief Teguh Nugroho Universitas Pelita Bangsa

Keywords:

Kemudahaan Penggunaan; Fasilitas; Citra Merek; Minat Beli Pengguna

Abstract

Hadirnya internet memudahkan masyarakat dalam mendapatkan lalu membagikan informasi secara cepat, tepat, dan tanpa batas waktu serta jarak. Masyarakat menginginkan kemudahan dalam berkomunikasi, meskipun masing- masing perusahaan telekomunikasi mempunyai kekurangan dan kelebihan. Oleh karena itu setiap perusahaan bersaing menetapkan manajemen strategi yang kompetitif. Persaingan yang terjadi antar perusahaan telekomunikasi ini menjadikan masyarakat sebagai pengguna lebih selektif dalam memilih dan menggunakan sesuai kebutuhan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan penggunaan terhadap minat beli pengguna, fasilitas terhadap minat beli pengguna, dan citra merek terhadap minat beli pengguna kartu by.U di Bekasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode non-probality sampling dengan jumlah populasi sebanyak 100 responden. Dalam melakukan metode analisa untuk penelitian ini dibantu dengan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil dari penelitian ini adalah variabel kemudahan penggunaan dan fasilitas tidak berpengaruh signifikan sedangkan variabel citra merek memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli pengguna kartu by.U di Bekasi.

References

Adhi Satria, Daniel dan Helena Sidharta. (2017). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Porkball. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 2, Nomor 3, Agustus.
Akbar, Aditya Sasabila, Destika, Nur Safitri, Siti Khasanah, dan M Rait Alparisin. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Pada Konsumen Mcdonald’s Lampung. Jurnal Ekobis Dewantara Vol.
Alfidella, S., Kusumo, D. S., & Suwawi, D. D. J. (2015). Pengukuran Usability I- Caring Berbasis ISO 9241-11 Dengan Menggunakan Partial Least Square (PLS). EProceedings of Engineering, 2(1), 1747–1735.
Amilia, Suri. M Oloan, dan Asmara Nst. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, VOL.6, NO.1. ISSN 2252-844X.
Anggita Febriyani, Dyah. (2018). Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Beli Online Pada Mahasiswa UST Yogyakarta Pengguna Zalora. Jurnal Ekobis Dewantara Vol. 1 No. 11. November.
Apriyani, Nuri dan Suharti. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Kebermanfaatan, Persepsi Kemudahan Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Ulang Pengguna Smartphone Xiaomi. JURNAL MANAJEMEN DEWANTARA Vol. 1 No 1.
Ardiansyah, D. O. (2016). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Dimediasi Oleh Kepuasan Kerja (Studi Pada Bagian Produksi Pabrik Kertas Pt. Setia Kawan Makmur Sejahtera Tulungagung). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 16–30.
Ardianto, Khowin dan Nurul Azizah (2021). Analisis Minat Penggunaan Dompet Digital Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Pada Pengguna di Kota Surabaya. http://ejurnal.stieipwija.ac.id/index.php/jpw. p- ISSN 1411-710X. e-ISSN 2620-388X. DOI: http://dx.doi.org/10.33370/jpw.v23i1.511.
Ariyanto Aris, Anum, N., & Denok, S. (2020). Pengaruh Store Atmosphere Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Alfamart BSD Tangerang Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 3(1), 29–36.
Azis Rifai, Husein. Srikandi Kumadji dan Edy Yulianto. (2016). Pengaruh Perluasan Merek Terhadap Citra Merek Dan Dampaknya Terhadap Minat Beli (Survei pada Pengguna Produk Induk Merek Lifebuoy pada Mahasiswa S1 dan D3 Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 3 No. 1 Juni.
Basu, Swastha DH., Irawan. 2012. Manajemen Pemasaran Modern Edisi ke-2 Yogyakarta: Liberty Offset.
Binarti, Surya. 2015. Metodologi Penelitian Ekonomi Manajemen. Bekasi: Mitra Wacana Media dan Pelita Bangsa Pers.
Chalik, Irma Adchania. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Minat Pengguna E-Filling (Studi terhadap Wajib Pajak di KPP Makassar Selatan). Jurnal Aplikasi Manajemen, Ekonomi dan Bisnis. Vol. 2, No.1.
Davis, F. D. 1989. Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13(3), 319.
Durianto, Darmadi. 2013. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek (cet. ke-10). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Falaahuddin, Ahbarul Aufy dan Widiartanto. (2020). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Beli Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access (Studi Pada Pengguna Aplikasi Mobile KAI Access Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Vol 9.
Fandiyanto, Randika dan Ratih Endriyasari Kurniawan. (2019). Pengaruh Kepercayaan Merek Dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang “Kopi Toraja” Di Coffee Josh Situbondo. ECOBUSS : Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis. Vol. 7 Nomor 1 Maret. ISSN 2337 – 9340.
Ferdinand, Augusty. 2014. Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro. Semarang.
Hartono, Jogiyanto. 2016. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 10. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Hartono, Jogiyanto. 2019. Teori Portofolio dan Analisis Investasi Edisi 11. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Kargari, M., Shayan, M., (2017). Identification of Parameters affecting the success of the hospital information system & presentation of a model for user satisfaction improvement. Journal of Industrial and Systems Engginering, 10, 1–9.
Khan, G.F., Sarstedt, M., Shiau, W.-L., Hair, J. F., Ringle, C.M., Fritze, M.P., 2019.
Methodological Research on partial least squares structural equation modeling (PLSSEM). Internet Research, (April), IntR-122017-0509.
Khotimah, N. (2018). Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Dan Loyalitas Di Bank Syariah Mandiri. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 05(01), 37–48.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. 2014. Marketing for Hospitality and Tourism. 5 the edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Lestari, Sri Wulan Ayu. (2019). Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Keamanan Bertransaksi Online Melalui Aplikasi Shopee Terhadap Minat Pembelian Ulang Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Angkatan 2015–2017 Universitas Mulawarman). eJournal Administrasi Bisnis. ISSN 2355-5408.
Levy, P.S., Lemeshow, S. (1997). Sampling of Populations: Methods and Applications, 3 rd ed. New York: Wiley-Interscience.
Lidyawatie. 2008. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Logo Kartu Prabayar by.U, https://www.byu.id/id, diakses pada 1 Januari 2022 pukul 16.00 wib.
Logo Perusahaan dari Produk by.U, https://www.telkomsel.com/en/about-us, diakses pada 1 Januari 2022 pukul 16.10 wib.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani A. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Marheiningsih, dan Amirulmukminin. (2020). Pengaruh Variasi Produk Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Ilo Peta Kota Bima. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan Vol. 4 No. 3. Juli. p-ISSN: 2598-9944 e- ISSN: 2656-6753.
Maryani, N. L. K. S., Widyani, A. A. D., & Saraswati, N. P. A. S. (2020).
Pengaruh Kompensasi Finansial Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Arta Sedana Retailindo Cabang Hardys Malls Sanur. Values, 1(April), 53–67.
Mulyanto, Heru dan Anna Wulandari. 2017. Penelitian Metode dan Analisis Semarang: CV. Agung.
Octaviana, Pamela dan Abdul Yusuf. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menggunakan E-Money Ovo Di Karawang (Studi Pada Pengguna Ovo Di Karawang). Derivatif : Jurnal Manajemen. Vol. 15
No. 1 April 2021. (ISSN Cetak 1978-6573) (ISSN Online 2477-300X). Paulus, A. L., & Wardhani, Z. K. (2018). Keunggulan Bersaing Usaha dan Bakery: Peran Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahan, dan Inovasi Produk. Jurnal Manajemen, 10(2), 88–96.
Putra, Wirmie Eka. Andi Mirdah, & Perdi Y Sirega. (2020) Determinan Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing. Sistem Informasi, Keuangan, Auditing Dan Perpajakan. SIKAP, Vol 4 (No.2), 2020, Hal 173-187. p-ISSN: 2541-1691 e-ISSN: 2599-1876.
Rahmatussani, A. M., Hudayah, S., & Rahmawati. (2020). Pengaruh Program Corporate Social Reponsibility (CSR) Terhadap Peningkatan Brand Image, Corporate Reputation Serta Customer Loyalty Pada Bankaltimtara. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas SAM Ratulangi (JMBI UNSRAT), 7(3), 429–449.
Ramadhani, Zana Sruni dan Dr. Teguh Widodo, S.E., S.T., M.M. (2019). Pengaruh Komunikasi Merek, Citra Merek Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Smartphone Lenovo (Kasus Pada Mahasiswa Telkom University Di Bandung). e-Proceeding of Management. Vol.6, No.3 Desember. ISSN : 2355-9357.
Romatua, Doni dan Nurlina. (2017). Analisis Pengaruh Harga, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Lapangan All Star Futsal Padang. Jurnal Akuntansi Barelang, Vol 2 No 1.
Saluza, Imelda dan Dewi Sartika. (2019). Pengembangan Model Keberlanjutan E- filing di Palembang Menggunakan Partial Least Square Structural Equation Models (PLS-SEM). Jurnal Sistem Informasi Bisnis.. DOI : 10.21456/vol9iss1pp94-102.
Samrin, Harahap, S., & Sugianto. (2020). Karakter Entrepreneurship Syariah Dan Pengaruhnya Terhadap Resiko Pembiayaan Perbankan Syariah (Studi Kasus BMT Syariah Medan). Jurnal Kajian Ekonomi Dan Kebijakan Publik , 5(1), 132–147.
Sinaga, Onita Sari, Debi Eka Putri, Astri Rumondang Banjarnahor, Fitria Halim, dan Acai Sudirman. (2020). Mampukah Citra Merek, Fasilitas dan Kepercayaan Meningkatkan Kepuasan Pengunjung Taman Hewan Kota Pematangsiantar. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 8. ISSN: 2338-4840 E-ISSN: 2614-6983.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : PT.Alfabet.
Suharna, Aripin. Akhyar Eldine, dan Syahlan A Sume. (2019). Citra Merek Dan Fasilitas (Tangible) Terhadap Kepuasan Pelanggan. JURNAL ILMU MANAJEMEN. Vol.2, No.1, Maret, Hal. 103 – 113. p-ISSN: 2654-8623. e- ISSN: 2655-0008.
Sumiarni, L. (2019). Perilaku Self-Control dalam Mengelola Keuangan Pribadi (Berdasarkan Theory Of Planned Behavior dan Conscientiousness) di STIKes Merangin. Ekonomis: Journal of Economics and Business,3(September), 105–112.
Supandia, E. D., & Mutmainatus S, S. (2020). Pengaruh Remunerasi dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai UIN Sunan Kalijaga dengan SEM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3(1178), 84–94.
Syukri, M., & Hinaya. (2019). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum Dan Dana Alokasi Khusus Terhadap Anggaran Belanja Modal Kabupaten & Kota Provinsi Sulawesi Selalatab. Jemma Jurnal of Economic, Management and Accounting, 2(4), 30–37.
Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2017. Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 5. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Top 20 Countries With The Highest Number Of Internet Users. 2019. Miniwatts Marketing Group. https://www.internetworldstats.com/top20.htm, diakses pada 25 Desember 2021 pukul 14.40 wib.
Umamy, Choirul. Srikandi Kumadji dan Edy Yulianto. (2016). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Pada Minat Beli (Survei Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015/2016 Pengguna Smartphone). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 33 No. 1 April 2016.
Yusnidar, Cut dan Teuku Isnaini. (2020). Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Usaha Café Di Kabupaten Pidie (Studi Kasus Di Café Black Star Sigli Kabupaten Pidie. JRR Vol 2 No 2, Januari. ISSN:2685-1024

Published

2022-04-26